Afriani, Dina Yuliana (2022) Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas X MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (277kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (287kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (685kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (632kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (634kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (921kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (278kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
Abstract
Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan diantaranya 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas X MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus, 2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematikan kelas X MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus, 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar matematika kelas X MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. . Sampel penelitian ini adalah 75 peserta didik dari populasi peserta didik kelas X MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus yang berjumlah 274 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Teknik pengambilan sampel dengan cara teknik purposive sampling, maka terpilih sampel kelas X IPS 4 dan X IPS 5. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dengan teknik skala likert dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat, yaitu 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar dan terdapat hubungan yang positif serta signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas X MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus, di mana sebesar 5.6% prestasi belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar dan terdapat hubungan yang positif serta signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas X MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus, di mana sebesar 16.4% prestasi belajar dipengaruhi oleh lingkungan belajar. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar dan terdapat hubungan yang positif serta signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar matematika kelas X MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus, di mana sebesar 16.4% prestasi belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar. Dengan demikian keseluruhan hasil analisis mendukung hipotesis yang diajukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar, dan Matematika | ||||||
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > Motivasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2023 03:21 | ||||||
Last Modified: | 21 Mar 2023 03:21 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9395 |
Actions (login required)
View Item |