Pola Manajemen Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah NU Raudlatus Shibyan 1 Peganjaran Bae Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Maulana, Khoiruddin Syarif (2022) Pola Manajemen Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah NU Raudlatus Shibyan 1 Peganjaran Bae Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (480kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (365kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (252kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (430kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

Manajemen kurikulum merupakan hal terpenting sebagai mata pelajaran manajemen di sekolah. Manajemen kurikulum sebagai desain pembelajaran memiliki posisi strategis dalam semua aspek kegiatan pendidikan. Di antara tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pertumbuhan siswa, untuk meningkatkan tujuan dan kualitas hidup, dan untuk memotivasi masyarakat untuk menjalin hubungan dengan sekolah. Oleh karena itu diperlukan sebuah manajemen di dalam madrasah, khususnya manajemen kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pola pelaksanaan manajemen kurikulum di MI NU Raudlatus Shibyan 1 Kudus. (2) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pola manajemen kurikulum di MI NU Raudlatus Shibyan 1 Kudus. (3) Mengetahui solusi untuk mengatasi faktor penghambat dalam pelaksanaan pola manajemen kurikulum di MI NU Raudlatus Shibyan 1 Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum dan guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun hasil analisis data yang didapatkan dari temuan-temuan dalam penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, pola pelaksanaan manajemen kurikulum di MI NU Raudlatus Shibyan 1 Kudus meliputi empat tahap yaitu: 1) Perencanaan, yaitu mengadakan rapat koordinasi dengan seluruh pendidik dan tenaga pendidikan untuk membahas kurikulum dengan menggunakan acuan kurikulum tahun sebelumnya 2) Pelaksanaan, tahap pelaksanaan kurikulum dibagi menjadi dua. 3) Evaluasi, yaitu guru melaporkan semua kegiatan belajar-mengajar yang sudah berlangsung selama satu tahun pembelajaran. yaitu: a) Faktor pendukungnya adalah faktor peserta didik yang memiliki motivasi tinggi dan dukungan masyarakat, serta tekhnologi yang semakin canggih. Ketiga, solusi untuk mengatasi faktor penghambat dalam pelaksanaan pola manajemen kurikulum di MI NU Raudlatus Shibyan 1 Peganjaran Bae Kudus yaitu: Faktor penghambat yang pertama yaitu guru yang kurang menguasai materi. Solusinya adalah dengan mengadakan lesson study, mengikuti diklat, dan mengikuti workshop. Solusinya adalah dengan memberikan fasilitas yang digunakan guru untuk membuat media pembelajaran yang menarik dan juga guru bisa menggunakan teknologi yang memadai, seperti laptop, LCD proyektor, dll, yang bisa digunakan secara bergantian untuk menyampaikan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusanti, Rini DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2023 04:03
Last Modified: 21 Mar 2023 04:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9398

Actions (login required)

View Item View Item