Konsep Lingkungan Pendidikan dalam Buku Ilmu Pendidikan Islam Karya Prof. Dr. Zakiah Daradjat

Vivianingsih, Yuniar (2022) Konsep Lingkungan Pendidikan dalam Buku Ilmu Pendidikan Islam Karya Prof. Dr. Zakiah Daradjat. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (461kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (383kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (615kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (299kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui Konsep Lingkungan Pendidikan dalam Buku Ilmu Pendidikan Islam Karya Prof. Dr. Zakiah Daradjat. Beliau merupakan tokoh pelopor pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini berupa penelitian Studi Kepustakaan (Library Reset) dengan pendekatan perspektif antropologis, perspektif sosiologis dan pendekatan interpretatif. Sumber data yang dijadikan rujukan oleh peneliti berupa sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer dari penelitian ini yaitu buku Ilmu Pendidikan Islam karya Prof. Dr. Zakiah Daradjat. Sedangkan sumber sekunder peneliti mengambil dan menyusun data dari buku, jurnal, artikel, maupun sumber lain yang relevan. Dalam mengumpulkan data, peneliti mengunakan teknik dokumentasi studi kepustakaan. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah analisis isi dengan metode komperasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Prof. Dr. Zakiah Daradjat membagi lingkungan pendidikan menjadi dua fokus yaitu lingkungan pendidikan diluar sekolah dan sekolah sebagai lingkungan pendidikan. Lingkungan pendidikan diluar sekolah mencakup lingkungan keluarga, asrama, perkumpulan remaja dan lingkungan kerja. Sedangkan pada sekolah sebagai lingkungan pendidikan membahas mengenai perbedaan rumah dengan sekolah, pengaruh rumah terhadap sekolah, lalu yang diharapkan keluarga dan masyarakat beragama dari sekolah serta membina hubungan antara rumah dan sekolah. 2) Perkembagan pendidikan Islam di Indonesia dimulai pada masa akhir Orde Lama. Sedangkan pada masa globalisasi saat ini pendidikan Islam di Indonesia mengalami perubahan muali dari lembaga dan sistemnya guna mengikuti perkembangan zaman agar pendidikan Islam di Indonesia dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat luas. Namun, terdapat problematika pendidikan Islam di Indonesia pada lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat pendidikan Islam serta hancurnya pondasi pendidikan karakter. Sehingga perlu adanya alternatif solusi problematika pendidikan Islam di Indonesia untuk menjawab tantangan dan menyongsong perkembangan zaman. 3) Relevansi konsep lingkungan pendidikan dalam ilmu pendidikan Islam karya Prof. Dr. Zakiah Daradjat dengan kondisi pendidikan Islam di indonesia saat ini merupakan usaha dari masyarakat Islam dan pengelola sekolah berupa inovasi pendidikan agama Islam pada era globalisasi pendidikan Islam di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Pendidikan Islam, Prof. Dr. Zakiah Daradjat
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Mar 2023 02:15
Last Modified: 24 Mar 2023 02:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9405

Actions (login required)

View Item View Item