Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Pada Kelompok B1 Di RA Muslimat NU Nahdlotul Athfal Gondangmanis Bae Kudus Tahun Ajaran 2021/2022

Wirda, Fardatul (2022) Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Pada Kelompok B1 Di RA Muslimat NU Nahdlotul Athfal Gondangmanis Bae Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (350kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (941kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (410kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (631kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (465kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (479kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses persiapan metode eksperimen pada kelompok B1 di RA Muslimat NU Nahdlotul Athfal. (2) Mengetahui penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan sains pada kelompok B1 di RA Muslimat NU Nahdlotul Athfal. (3) Mengetahui tahap evaluasi metode eksperimen pada kelompok B1 di RA Muslimat NU Nahdlotul Athfal. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelompok B1, guru kelompok B, 24 peserta didik kelompok B1 di RA Muslimat NU Nahdlotul Athfal Gondangmanis Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menerapkan metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan sains pada kelompok B1 di RA Muslimat NU Nahdlotul Athfal yaitu: (1) Proses persiapan kegiatan eksperimen pendidik mempersiapkan kegiatan eksperimen dengan menentukan tujuan kegiatan eksperimen serta alat dan bahan yang akan digunakan dalam pelaksanaan eksperimen. (2) Penerapan metode eksperimen pendidik melaksanakan kegiatan dengan mencontohkan terlebih dahulu eksperimen yang akan dilaksanakan, membimbing dan mengawasi selama kegiatan eksperimen. (3) Pendidik melakukan evaluasi dan penilaian kepada peserta didik setelah kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode eksperimen. Evaluasi dilakukan dengan cara tanya jawab dengan peserta didik, sedangkan penilaian disesuaikan dengan perkembangan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPancaningrum, NovitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan sains
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:34
Last Modified: 28 Mar 2023 02:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9489

Actions (login required)

View Item View Item