Mu’azam, Alif Maulana (2022) Keefektifan Sholawat Sains terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (291kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (370kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (532kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (609kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (677kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (144kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (369kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model (1). Apakah terdapat perbedaan motivasi belajar antara metode lagu lagu sholawat sains dengan metode ceramah pada materi klasifikasi makhluk hidup IPA kelas 7 di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus? (2). Apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara metode lagu sholawat sains dengan metode ceramah pada materi klasifikasi makhluk hidup IPA kelas 7 di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus? (3).Apakah respon guru dan siswa terhadap penerapan metode lagu sholawat sains? antara pembelajaran metode sholawat sains dan metode ceramah terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group. Pada desain penelitian ini terdapat pretest dan posttest untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sebelum perlakuan dilaksanakan, peserta didik terlebih dahulu diberikan pretest untuk melihat kemampuan awal kedua kelompok dan setelah diberi perlakuan dilakukan posttest (tes akhir) Subjek yang diamati adalah peserta didik kelas VII semester ganjil (I) yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas control. Penelitian dilakukan di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus tahun pelajaran 2021/2022. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar angket pretest dan posttest, lembar tes pretest dan postest. Kemudian data yang diperoleh diolah dengan Microsoft Office Excel dan SPSS. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instrumen tes yang berbentu soal pilihan ganda. Diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran metode sholawat sains terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Diperoleh motivasi belajar pada nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 81.667 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 75.250. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan Uji-t diperoleh 0,073 dengan taraf signifikan 5%. Dan pada hasil belajar diperoleh nilai rata rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 57,333 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol sebesar 48,667. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan Uji-t diperoleh 0,496 dengan taraf signifikan 5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, yang artinya terdapat terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar antara metode sholawat sains dengan metode ceramah terhadap pembelajaran IPA maka terdapat pengaruh secara signifikan pada skor motivasi dan hasil belajar siswa kelompok eksperimen pada peserta didik kelas VII MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Sholawat Sains,Metode Ceramah, Klasifikasi Makhluk Hidup | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 28 Mar 2023 02:58 | ||||||
Last Modified: | 28 Mar 2023 02:58 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9497 |
Actions (login required)
View Item |