Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam melalui Pembiasaan Ibadah Siswa sebagai Upaya untuk Mewujudkan Religious Culture di MTs NU Nurul Huda Kudus

Fauzia, Nisrina Nur (2022) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam melalui Pembiasaan Ibadah Siswa sebagai Upaya untuk Mewujudkan Religious Culture di MTs NU Nurul Huda Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (762kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (587kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (991kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (530kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (726kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya akibat dari pesatnya kemajuan teknologi di mana anak-anak lebih mengutamakan dan lebih senang dalam bermain gawai dan menjadi salah satu penyebab rendahnya minat anak terhadap baca tulis al-Quran dan kedisiplinan dalam melaksanakan ibadah. Di sinilah peran penting sebuah lembaga pendidikan sebagai wadah untuk mengajarkan dan memperdalam nilai-nilai agama. Penanaman nilai-nilai agama, tidak hanya melalui pembelajaran kognitif di kelas saja, namun nilai-nilai tersebut juga diimplementasikan dalam kegiatan ibadah sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui metode pembiasaan serta untuk mengetahui upaya-upaya untuk mewujudkan religious culture melalui internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam menggunakan metode pembiasaan di MTs NU Nurul Huda Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Di dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini antara lain Kepala Madrasah, Wakil Kepala Kurikulum, Guru Rumpun PAI dan Siswa. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dalam uji keabsahan data, dalam penelitian ini dilakukan uji kredibilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Setelah data-data terkumpul, penelitian ini menunjukkan beberapa temuan antara lain proses internalisasi nilai-nilai penddikan agama Islam dengan melalui tahap-tahap internalisasi yakni tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, tahap transinternalisasi nilai dan ditemukan juga nilai-nilai pendidikan agama Islam yang diinternalisasikan menggunakan metode pembiasaan yakni pembiasaan membaca al-Quran dan khotmil Quran, pembiasaan sholat Dhuha, pembiasaan berwudhu dari rumah dan pembiasaan sholat Dhuhur berjamaah. Adapun temuan kedua yakni tentang upaya-upaya mewujudkan religious culture melalui proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam menggunakan metode pembiasaan di MTs NU Nurul Huda Kudus. Ciri dari terwujudnya religious culture di lembaga tersebut adalah terdapat indikator-indikator dalam mewujudkan religious culture yakni adanya perumusan, pelaksanaan dan adanya action plan. Indikator-indikator tersebut merupakan upaya-upaya dalam mewujudkan religious culture di MTs NU Nurul Huda Kudus.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGhufron, M. NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai, Pembiasaan dan Religious Culture
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Mar 2023 07:12
Last Modified: 28 Mar 2023 07:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9513

Actions (login required)

View Item View Item