PENDIDIKAN SEJARAH DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN IBNU KHALDUN

Kasdi, Abdurrohman (2015) PENDIDIKAN SEJARAH DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN IBNU KHALDUN. EDUKASIA STAIN Kudus, 10 (1). ISSN (P-ISSN : 1907-7254 ; E-ISSN : 2502-3039)

Full text not available from this repository.
Official URL: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia...

Abstract

Kajian dalam artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep dan teori pendidikan sejarah Ibnu Khaldu>n dalam kitab Muqaddimah. Pemikiran Ibnu Khaldu>n yang telah mengkristal dalam Muqaddimah, banyak mempengaruhi format peradaban masyarakat. Kebesarannya selama berabad-abad ternyata banyak mengundang komentar dari berbagai kalangan. Tidak sedikit yang memuji dan mengagumi karyanya, baik dari orientalis maupun pemikir Islam sendiri. Pendekatan dalam kajian ini adalah kajian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan ini adalah bahwa ibnu kholdu>n piawai dalam menggulirkan ide-ide barunya berupa teori sejarah dan peradaban umat Islam, ia juga termasuk orang yang memberikan kontribusi dalam mempropagandakan teori ini di dunia Arab kontemporer. Bahkan ia pernah mengatakan bahwasanya Ibnu Khaldu>n telah mendahului Montesque dalam teorinya tentang pengaruh miliu terhadap moral; Hegel dalam teori dialektikanya; Karl Marx dalam teorinya tentang urgenitas, social clash dan surplus nilai. Konsep dan teori yang tertuang dalam magnum opusnya, Muqaddimah, telah memberikan inspirasi para intelektual Barat maupun Islam dalam membangun peradaban. Misba>h al-A>mily menjadikan pemikiran Ibnu Khaldu>n sebagai variabel dalam melakukan studi komparatif antara pemikiran Arab dengan pemikiran Yunani. Kata kunci: pendidikan, sejarah, Ibnu Khaldu>n

Item Type: Article
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: UPPI STAIN Kudus
Date Deposited: 27 Apr 2017 01:45
Last Modified: 28 Apr 2017 04:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item View Item