Pemanfaatan Monumen Ari-Ari R.A Kartini sebagai sumber belajar IPS untuk menumbuhkan kuriositas Peserta Didik Kelas VII di SMP Islam Al-Hikmah Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022

Astutik, Sri (2022) Pemanfaatan Monumen Ari-Ari R.A Kartini sebagai sumber belajar IPS untuk menumbuhkan kuriositas Peserta Didik Kelas VII di SMP Islam Al-Hikmah Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (436kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (238kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (372kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (220kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstract

Sumber belajar di luar kelas perlu dimanfaatkan dalam proses pembelajaran IPS. Banyaknya peninggalan bersejarah di Jepara memiliki relevansi terhadap pembelajaran sejarah termasuk dalam hal memperkaya sumber belajar. Pemanfaatan Monumen Ari-Ari R.A Kartini sebagai sumber belajar IPS dapat menumbuhkan semangat belajar siswa, karena siswa disuguhkan dengan bukti nyata yang ada disekitarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, 1. Bagaimana Sejarah dibentuknya monument Ari-ari R.A Kartini?, 2. Bagaimana strategi guru dalam pemanfaatan Monumen Ari-ari Kartini sebagai sumber belajar IPS untuk menumbuhkan kuriositas peserta didik di SMP Islam Al-Hikmah Mayong dengan pemanfaatan Monumen Ari-ari Kartini sebagai sumber belajar IPS?, 3. Apa saja kendala dan solusi dalam pemanfaatan Monumen Ari-ari Kartini sebagai sumber belajar IPS untuk menumbuhkan kuriositas peserta didik di SMP Islam Al-Hikmah Mayong?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan penelitian dan pengamatan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam uji kebasahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi (sumber, teknik dan waktu). Selanjutnya data dianalisis dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1)Dibangunnya monument Ari-ari R.A Kartini ini untuk mengenang sejarah lahirnya R.A Kartini mbak. Bahwa R.A Kartini dilahirkan di Mayong. (2) Strategi guru berjalan dengan lancar, sebelum memanfaatkan Monumen Ari-Ari Kartini guru IPS sudah mengirim video terlebih dahulu untuk dipelajari, dengan begitu anak lebih tertarik dan bersemangat dalam pembelajaran dan tumbulah kuriositas tersebut. (3) Salah satu masalah tersebut adalah kekurangan waktu. Solusinya yaitu KBLS (Kegiatan Belajar di Luar Sekolah) kalua bisa kegiatan ini tidak hanya di Kelas VII saja tetapi untuk seluruh peserta didik di SMP Islam Al-Hikmah Mayong, Bisa diagendakan saat hari kartini. Dimana saat hari kartini tidak hanya upara atau lomba-lomba, tetapi bisa mengunjungi monument Ari-ari R.A Kartini yang berbentuk bunga Teratai, tidak hanya mengetahui dari bentuk monument tersebut tetapi juga belajar sejarah R.A Kartini beserta kebudayaan mengubur ari-ari di Jawa ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMiftah, DanyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Monumen Ari-Ari R.A Kartini, Kuriositas, Sumber Belajar IPS.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Mar 2023 02:28
Last Modified: 30 Mar 2023 02:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9532

Actions (login required)

View Item View Item