Khusna, Sabilatul (2022) Pengaruh Minat Baca Terhadap Kemampuan Memahami Bacaan Peserta Didik Kelas IV di MI NU Tsamrotul Wathon Gebog Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (231kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (233kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (430kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (491kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (453kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (578kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (303kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (281kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Minat baca peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MI NU Tsamrotul Wathon Goondosari Gebog Kudus. 2) Kemampuan memahami bacaan peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MI NU Tsamrotul Wathon Gondosari Gebog Kudus. 3) Pengaruh minat baca terhadap kemampuan memahami bacaan peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MI NU Tsamrotul Wathon Gondosari Gebog Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, angket, dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV MI NU Tsamrotul Wathon Gebog Kudus, kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik sampling Jenuh yaitu yang menjadi sampel adalah semua peserta didik kelas IV dengan jumlah 39 peserta didik, karena apabila populasi relatif kecil maka penentuan sampel adalah semua anggota populasi. Dalam analisis ini, peneliti menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Minat baca peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MI NU Tsamrotul Wathon Gebog Kudus dalam kategori cukup / sedang dengan nilai skor angket minat baca diperoleh nilai rata-rata sebesar 47,61. 2) Kemampuan memahami bacaan peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MI NU Tsamrotul Wathon Gebog Kudus dalam kategori sangat baik. Dibuktikan dengan nilai hasil tes butir soal pertanyaan pada tabel distribusi frekuensi diperoleh rata-rata hasil tes dalam kategori sangat baik sebesar 52%. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat baca terhadap kemampuan memahami bacaan peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MI NU Tsamrotul Wathon Gebog Kudus. Hal tersebut bisa dilihat dari nilai t hitung sebesar 74,445 dengan nilai t tabel 1,687 dan nilai sig 0,00. Hal ini berarti t hitung 74,445 > 1,687 dan nilai sig 0,00 < 0,05 dan diperoleh nilai koefisien determinasi yang dinotasikan dengan R Square sebesar 0,993. Artinya variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 993%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Minat Baca, Kemampuan Memahami Bacaan, Bahasa Indonesia | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2023 02:53 | ||||||
Last Modified: | 30 Mar 2023 02:53 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9538 |
Actions (login required)
View Item |