Implementasi Program Adiwiyata Nasional Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SMA Negeri 1 Ngawen Kabupaten Blora

Rahmawati, Andini Nur (2022) Implementasi Program Adiwiyata Nasional Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SMA Negeri 1 Ngawen Kabupaten Blora. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (744kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (440kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (174kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (349kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (214kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan-permasalahan lingkungan yang terjadi disekitar. Program adiwiyata dibentuk oleh Kementrian Lingkungan Hidup RI beserta kementrian pendidikan, program tersebut diterapkan dalam lembaga pendidikan sebagai upaya untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan siswa. SMA Negeri 1 Ngawen merupakan salah satu sekolah yang sedang menerapkan kebijakan program adiwiyata. Dari hal maka terdapat tujuan antara lain: (1) mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan implementasi program Adiwiyata untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan siswa di SMA Negeri 1 Ngawen. (2) mendeskripsikan bagaimana program program adiwiyata dapat menumbuhkan karakter peduli lingkungan siswa di SMA Negeri 1 Ngawen. (3) menganalisis apa saja faktor pendukung dan kendala-kendala dari implementasi program Adiwiyata untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan siswa di SMA Negeri 1 Ngawen. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul maka selanjutnya akan dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pelaksanaan program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Ngawen sesuai dengan empat komponen dalam mewujudkan sekolah Adiwiyata. Setiap warga sekolah memiliki tanggung jawab dan peran dalam dalam mewujudkan hal tersebut, baik dari kepala sekolah, guru, ketua adiwiyata dan peserta didik. (2) Program adiwiyata membentuk karakter peduli lingkungan siswa di SMA Negeri 1 Ngawen sudah cukup baik. (3) Faktor pendukung terlaksananya program adiwiyata untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan siswa SMA Negeri 1 Ngawen ada 2, yaitu faktor internal (Didukung oleh sumber daya manusia dan Antusiasme siswa SMA Negeri 1 Ngawen) dan faktor eksternal (dukungan dari berbagai instansi terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora dan lain sebagainya). Sedangkan kendalanya ada 2, yaitu faktor internal (masih kurangnya sosialisasi dan pemahaman siswa terhadap Sekolah Adiwiyata), dan faktor eksternal (adanya kendala air bersih untuk penyiraman tanaman dan kebutuhan sekolah yang lain misalnya MCK). Untuk tim adiwiyata diharapkan dapat melakukan tindakan tegas bagi pelanggar tata tertib yang berlaku untuk seluruh warga sekolah baik itu guru, peserta didik maupun pegawai sehingga mereka akan terbiasa untuk menjaga lingkunganya. Untuk mengatasi kurangnya ketersediaan air bersih maka sekolah diharapkan untuk membuat sumur dan untuk seluruh warga sekolah diwajibkan untuk memanfaatkan air dengan efisien. Bukan hanya itu pemerintah juga perlu ikut campur untuk mendorong dalam melancarkan kegiatan program adiwiyata tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAkbar, Rofiq FaudyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Program Adiwiyata, Karakter Peduli Lingkungan, Siswa SMA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:03
Last Modified: 30 Mar 2023 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9544

Actions (login required)

View Item View Item