Auliya, Ana Sholihatul (2022) Ta'tsir Khalfiyyah al Ta'lim al Thalabah 'ala Injaz al Ta'allum al Lughah al 'Arabiyyah fi al Fashl al Sabi' bi al Madrasah al Mutawassithah Matholi'ul Huda Gebog Kudus 2021/2022 M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (944kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (386kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (414kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (517kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (608kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (688kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (964kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (367kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (407kB) |
Abstract
Latar belakang pendidikan merupakan pengalaman seseorang yang telah diperoleh dari suatu program pembelajaran. Prestasi belajar adalah kecakapan nyata atau aktual yang menunjukan adanya aspek kecakapan dan diujikan karena merupakan hasil usaha belajar yang dicapai di sekolah baik berupa pengetahuan, sikap, atau keterampilan yang dimanifestasikan dalam bentuk nilai. Latar belakang yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda pula. Secara hipotesis dapat dikatakan bahwa siswa yang sebelumnya mempunyai latar belakang pendidikan agama, memungkinkan mempunyai kemampuan dasar dan prestasi dalam bidang bahasa Arab yang lebih baik dibandingkan siswa yang berlatar belakang pendidikan non agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) latar belakang siswa yang prestasi pendidikannya sangat baik dan prestasi pendidikannya kurang baik dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa arab, (2) pengaruh latar belakang pendidikan siswa terhadap prestasi belajar bahasa arab kelas VII MTS Matholiul Huda kudus. penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Dengan mengambil sampel siswa kelas VII MTs Matholi’ul Huda Kudus. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis instrument menggunakan uji validitas dan realibilitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Dari hasil analisis data tes bahasa Arab siswa yang berlatar belakang pendidikan MI memiliki rata-rata 62,121 sehingga dapat dikatakan bahwa tingkat pengaruh prestasi belajar Bahasa arab siswa yang berlatar belakang pendidikan MI dalam kategori “baik” dengan interval 62 – 67. Sedangkan dari hasil analisis data tes bahasa Arab siswa yang berlatar belakang pendidikan SD memiliki rata-rata 32,33 sehingga dapat dikatakan bahwa tingkat pengaruh prestasi belajar Bahasa arab siswa yang berlatar belakang pendidikan SD dalam kategori “cukup” dengan interval 32-37. (2) terdapat pengaruh antara Latar Belakang Pendidikan Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab kelas VII MTs Matholiul Huda Kudus. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi sebesar Y = 1,794 + 1,196 X. nilai koefisen korelasi atau (R) sebesar 0,474 yang termasuk dalam kategori “sedang”. Dan nilai (R2) sebesar 22,4%. Dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,764 > 2,009) dan nilai signifikansi sebesar 0,00 yang berarti kurang dari 0,05 (0,00 < 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Latar Belakang Pendidikan, Prestasi Belajar Bahasa Arab | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2023 07:03 | ||||||
Last Modified: | 30 Mar 2023 07:03 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9555 |
Actions (login required)
View Item |