Dalil, Dani Al (2022) Implementasi Media Aplikasi Kahoot Pada Materi SKI Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kompetitif Siswa MA Tarbiyatu Banin Pekalongan Winong Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (331kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (274kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (447kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (493kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (309kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (632kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (360kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh pembelajaran di kelas yang kurang interaktif dan mebosankan sehingga perlu adanya variasi dalam pembelajaran di kelas yaitu dengan memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga peneliti menerapkan media kahoot yang mendesain pembelajaran dengan kuis-kuis interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan media kahoot dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, pelaksanaan media kahoot untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan kompetitif siswa, evaluasi media kahoot yaitu meliputi kelebihan dan kekurangan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (Class Room Action Research). Penelitian tindak kelas adalah penelitian yang terfokus pada penerapan tindakan dengan tujuan peningkatan mutu atau pemecahan masalah pada suatu kelompok subyek yang diteliti. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menganalisis suatu gejala atau fenomena sosial. Hasil penelitian ini yaitu: 1. Perencanaan media pembelajaran di MA Tarbiyatul Banin peneliti melakukan diskusi dengan guru mapel SKI tentang materi yang akan peneliti buat didalam media kahoot. Peneliti mengatur jadwal untuk melakukan penerapan media di dalam kelas. Peneliti memanfaatkan BLK (Balai Latihan Kerja) Tarbiyatul Banin yang bertempat di belakang MTs Tarbiyatuk banin. 2. Pelaksanaan media kahoot ini peneliti menampilkan kuis yang telah dibuat. Pelaksanaan media ini diawali dengan peneliti menampilkan kode berupa angka yang akan di masukan di komputer siswa. 3. Evaluasi media kahoot ini peneliti mendiskripsikan kelebihan dan kekurangan. Kelebihan media kahoot yaitu membuat pembelajaran menjadi menarik, melatih siswa untuk menggunakan teknologi, menjadi refrensi guru dalam menggunakan media pembelajaran. Kekurangan media kahoot dalam pelaksanaannyadi MA Tarbiyatul Banin adalah kurangnya fasilitas komputer dan internet, koneksi Internet yang buruk, membutuhkan waktu yang lama, tidak semua guru minat dalam menggunakan media ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kahoot, Motivasi, Kompetitif | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 31 Mar 2023 01:49 | ||||||
Last Modified: | 31 Mar 2023 01:49 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9566 |
Actions (login required)
View Item |