Pendidikan Karakter Film The Boy Who Harnessed The Wind dan Relevansinya dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Jenjang MTs

Arfianto, Yoyok Yudhi (2022) Pendidikan Karakter Film The Boy Who Harnessed The Wind dan Relevansinya dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Jenjang MTs. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (886kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (566kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (262kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (313kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)

Abstract

Di era digitalisasi ini berbagai informasi dapat diakses dengan semakin mudah dan cepat. Begitu pula dengan media pembelajaran yang kian beragam. Salah satu media yang sesuai dan menarik untuk penanaman pendidikan karakter yaitu menggunakan media film. Film yang dapat digunakan yaitu Film The Boy Who Harnessed The Wind berdasarkan kisah nyata remaja bernama William Kamkwamba yang berhasil menciptakan kincir angin pemompa air sumur dan menyelamatkan nasib pertanian orangtua dan warga desanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film The Boy Who Harnessed The Wind serta relevansinya dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Jenjang MTs. Penulis menggunakan jenis penelitian library research (studi kepustakaan) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah film The Boy Who Harnessed The Wind. Sumber penelitian ini adalah sumber primer dan sumber sekunder. Adapun penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi dan observasi non partisipan serta data dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ditemukan enam belas nilai-nilai pendidikan karakter dalam film The Boy Who Harnessed The Wind. 2) Terdapat relevansi antara dua belas nilai-nilai pendidikan karakter yang berkaitan dengan kompetensi dasar dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Jenjang Madrasah Tsanawiyah, diantaranya: religius, toleransi, jujur, gemar membaca, cinta damai, tanggung jawab, kerja keras, rasa ingin tahu, kreatif, peduli sosial, disiplin, dan peduli lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, UlfahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Film The Boy Who Harnessed The Wind, Pembelajaran Akidah Akhlak MTs
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Mar 2023 07:40
Last Modified: 31 Mar 2023 07:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9567

Actions (login required)

View Item View Item