Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran IPS Selama Pandemi Covid-19 di MTs Mu’allimat Nu Kudus

Andriana, Alifia Danisa (2022) Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran IPS Selama Pandemi Covid-19 di MTs Mu’allimat Nu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (768kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (437kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (160kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (395kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (136kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran IPS selama pandemi Covid-19 di MTs Mu’allimat Nu Kudus. 2) Upaya guru dalam mencapai target tujuan pembelajaran IPS selama Pandemi Covid-19 di MTs Mu’allimat Nu Kudus. 3) Hambatan dari Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran IPS selama pandemi Covid-19 di MTs Mu’allimat Nu Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan penelitian dan memperoleh data. Adapun pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam uji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi (sumber, teknik, waktu). Selanjutnya data dianalisis dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Implementasinya dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu : Perencanaan terdiri dari silabus, membuat prota dan promes, membuat RPP, selama pembelajaran daring guru mempersiapkan materi, media pembelajaran, baik dalam bentuk Power Point (PPT) maupun video untuk di upload di platform pembelajaran online. Pelaksanaan pembelajaran saat pandemi dilaksanakan secara daring (online) melalui platform pembelajaran online, sedangkan saat diperbolehkan pembelajaran tatap muka (PTM) dilakukan dengan ujicoba terlebih dahulu, setelah itu baru pembelajaran dilakukan selama delapan jam perhari tetapi tetap mematuhi syarat protokol kesehatan dan Pelaksanaan dalam pembelajaran sudah sesuai dengan standar proses yaitu terdiri dari tahap pendahuluan, kegiatan inti, penutup. 2). Upaya guru dalam mencapai target tujuan pembelajaran IPS selama pandemi Covid-19 dengan cara: menggunakan materi Esensial atau materi pokok dan pembuatan RPP satu lembar, 3). Hambatan yang terjadi saat pembelajaran daring (online) yaitu: Awal pandemi guru masih belum siap saat menyampaikan materi secara online, Guru tidak bisa memonitori siswa secara langsung, keterbatasan waktu dalam pembelajaran, perbedaan kondisi Smarthpone yang digunakan siswa, terkendala sinyal, mahalnya kuota internet, kurangnya keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak selama proses belajar online. Hambatan selama PTM terbatas yaitu : Pada saat jam terakhir siswa banyak yang tidak fokus dan mengantuk, terbatasnya waktu pembelajaran apalagi mata pelajaran IPS materi nya banyak sedangkan selama pandemi waktu pembelajaran terbatas, jadi materi belum tersampaikan secara maksimal kepada siswa, suara guru kurang keras saat menjelaskan karena saat mengajar tetap mematuhi prokes yaitu memakai masker, kemacetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, Rukhaini FitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Pembelajaran IPS, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:18
Last Modified: 03 Apr 2023 02:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9572

Actions (login required)

View Item View Item