Roza, Muhammad Yusron (2022) Pengembangan Aplikasi GOTHIC (Go Mathematics) Berbasis M-Learning pada Materi Himpunan Sebagai Mathematics Exercise bagi Siswa. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. Abstrak.pdf Download (221kB) |
|
Text
03. Daftar Isi.pdf Download (274kB) |
|
Text
04. Bab 1.pdf Download (427kB) |
|
Text
05. Bab 2.pdf Download (616kB) |
|
Text
06. Bab 3.pdf Download (498kB) |
|
Text
07. Bab 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. Bab 5.pdf Download (317kB) |
|
Text
09. Daftar Pustaka.pdf Download (372kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi GOTHIC (Go Mathematics) berbasis m-learning yang memenuhi kriteria kelayakan media agar dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran metematika pada materi himpunan dan juga sebagai mathematics exercise bagi siswa. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah metode Research and Development yang mengacu pada salah satau model atau pendekatan desain sistem pembelajaran yaitu model ADDIE yang telah dikembangkan oleh Raiser & Mollenda pada tahun 1990-an, yang terdiri dari 5 (lima) tahap meliputi Analysis (analisis), Design (desain/perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi/eksekusi), Evaluation (evaluasi/umpan balik). Subjek uji coba yang terlibat adalah dua orang ahli media, dua orang ahli materi, dan siswa kelas VII MTs Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahawa ahli media yaitu memperoleh jumlah skor 178 dengan skor rata-rata 89, yang termasuk pada kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli materi memperoleh jumlah skor 173 dengan skor rata-rata 86,5, yang termasuk pada kategori “Sangat Layak”. Sedangkan pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan memperoleh jumlah skor keseluruhan sebesar 476 dengan rerata skor 95,2 dan 2273 dengan rerata skor 90.92, yang termasuk pada kategori “Sangat Layak”. Maka, hal tersebut dapat diambil keputusan bahwa aplikasi GOTHIC (Go Mathematics) berbasis m-learning pada materi himpunan sebagai mathematics exercise bagi siswa layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Aplikasi, Go Mathematics, M-Learning, Mathematics Exercise, Himpunan | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2023 03:38 | ||||||
Last Modified: | 04 Apr 2023 03:38 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9613 |
Actions (login required)
View Item |