Pengembangan Aplikasi GOTHIC (Go Mathematics) Berbasis M-Learning pada Materi Himpunan Sebagai Mathematics Exercise bagi Siswa

Roza, Muhammad Yusron (2022) Pengembangan Aplikasi GOTHIC (Go Mathematics) Berbasis M-Learning pada Materi Himpunan Sebagai Mathematics Exercise bagi Siswa. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (221kB)
[img] Text
03. Daftar Isi.pdf

Download (274kB)
[img] Text
04. Bab 1.pdf

Download (427kB)
[img] Text
05. Bab 2.pdf

Download (616kB)
[img] Text
06. Bab 3.pdf

Download (498kB)
[img] Text
07. Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. Bab 5.pdf

Download (317kB)
[img] Text
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (372kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi GOTHIC (Go Mathematics) berbasis m-learning yang memenuhi kriteria kelayakan media agar dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran metematika pada materi himpunan dan juga sebagai mathematics exercise bagi siswa. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah metode Research and Development yang mengacu pada salah satau model atau pendekatan desain sistem pembelajaran yaitu model ADDIE yang telah dikembangkan oleh Raiser & Mollenda pada tahun 1990-an, yang terdiri dari 5 (lima) tahap meliputi Analysis (analisis), Design (desain/perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi/eksekusi), Evaluation (evaluasi/umpan balik). Subjek uji coba yang terlibat adalah dua orang ahli media, dua orang ahli materi, dan siswa kelas VII MTs Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahawa ahli media yaitu memperoleh jumlah skor 178 dengan skor rata-rata 89, yang termasuk pada kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli materi memperoleh jumlah skor 173 dengan skor rata-rata 86,5, yang termasuk pada kategori “Sangat Layak”. Sedangkan pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan memperoleh jumlah skor keseluruhan sebesar 476 dengan rerata skor 95,2 dan 2273 dengan rerata skor 90.92, yang termasuk pada kategori “Sangat Layak”. Maka, hal tersebut dapat diambil keputusan bahwa aplikasi GOTHIC (Go Mathematics) berbasis m-learning pada materi himpunan sebagai mathematics exercise bagi siswa layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAuliya, Nanang Nabhar FakhriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Aplikasi, Go Mathematics, M-Learning, Mathematics Exercise, Himpunan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:38
Last Modified: 04 Apr 2023 03:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9613

Actions (login required)

View Item View Item