Integrasi Sistem Pondok Pesantren Dan Madrasah (Studi Kasus Di Ponpes Assalam Tanjungkarang Jati Kudus)

Fakhrurozak, Fakhrurozak (2022) Integrasi Sistem Pondok Pesantren Dan Madrasah (Studi Kasus Di Ponpes Assalam Tanjungkarang Jati Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (889kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (568kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (489kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (385kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (656kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (326kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (326kB)

Abstract

Mengingat pentingnya sebuah lembaga pendidikan formal seperti MTs yang dapat menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang pengetahuan umum serta menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman. Untuk itulah sebuah pondok pesantren mulai mendirikan lembaga pendidikan formal seperti MTs dengan menerapkan kurikulum terintegrasi. Hal itu bertujuan untuk menyiapkan siswanya selain ahli dalam bidang agama juga unggul dalam pengetahuan umum sehingga dalam persaingan yang semakin ketat di era globalisasi ini bisa bersaing dan unggul dengan lulusan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui proses integrasi sistem pendidikan pondok pesantren dan pendidikan madrasah di Pondok Pesantren Assalam Tanjungkarang Jati Kudus. 2) Untuk mengetahui bentuk integrasi sistem pendidikan pondok pesantren dan pendidikan madrasah di Pondok Pesantren Assalam Tanjungkarang Jati Kudus. 3) Untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat integrasi sistem pendidikan pesantren dan pendidikan madrasah di Pondok Pesantren Assalam Tanjungkarang Jati Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dalam penelitian ini peneliti terlibat aktif serta turun langsung ke lapangan untuk memahami fenomena dan menjaga kealamian data. Teknik yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Selain itu, analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, untuk pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan pengamatan berulang, triangulasi data dan diskusi teman sejawat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut; pertama, Proses integrasi sistem pendidikan pesantren dan madrasah di pondok pesantren Assalam tanjungkarang dilatar belakangi oleh kebutuhan masyarakat serta tuntutan kemajuan zaman. Pelaksanaan Imtegrasi Pesantren dan madrasah di Pondok Pesantren Assalam tanjungkarang adalah sesungguhnya telah dipengaharuhi oleh berbagai faktor yang dapat mengembangkan jati dirinya itu yaitu pertama regulasi sistem pendidikan nasional, kedua integrasi pesantren dan madrasah sebagai suatu kebutuhan masyarakat, ketiga integrasi pesantren dan madrasah karena tuntutan budaya sosial, keempat Integrasi pesantren dan madrasah ditentukan prosesnya oleh asas pemanfaatan faktor substansi dan faktor strukturalnya. Kedua, adapun bentuk-bentuk integrasi sistem pendidikan pesantren dan madrasah di Pondok Pesantren Assalam tanjungkarang yaitu: pertama, program pendidikan formal dan non formal pada Pondok Pesantren Assalam tanjungkarang dilaksanakan oleh masing-masing unit pengelola pendidikan yaitu madrasah dari tingkatan Raudhatul Athfal sampai madrasah aliyah dalam dua program pendidikan yang dikembangkan. Kedua, metode pengajaran dimana kiai atau pengasuh menggabungkan dua metode pengajaran baik di pesantren maupun di madrasah, dan ketiga sumber belajar yang semakin berkembang. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat integrasi sistem pendidikan pesantren dan madrasah antaralain : a. Faktor pendukung internal dan eksternal. Pendukung internal meliputi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, keuangan, kurikulum dan pemanfaatan waktu. Pendukung eksternal meliputi berfungsinya organisasi, hubungan masyarakat luar dan kepercayaan lembaga-lembaga luar. b. Faktor penghambat meliputi hambatan disebabkan sosial budaya dan hambatan disebabkan keterbatasan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMustaqim, MuhamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Kurikulum pesantren, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam > Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Apr 2023 01:57
Last Modified: 05 Apr 2023 01:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9622

Actions (login required)

View Item View Item