Mengasah Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting pada Kelompok B5 di RA Matholi'ul Falah Desa Langgenharjo Juwana Pati Tahun Ajaran 2021/2022

Darojah, Shoimatud (2022) Mengasah Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting pada Kelompok B5 di RA Matholi'ul Falah Desa Langgenharjo Juwana Pati Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (840kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (282kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (504kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (320kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (464kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (253kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana keterampilan motorik halus anak usia dini, mengetahui pelaksanaan mengasah keterampilan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan finger painting, dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengasah keterampilan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan finger painting pada kelompok B5 di RA Matholi'ul Falah Desa Langgenharjo Juwana Pati tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer diperoleh dari Kepala Sekolah, pendidik, dan pesera didik. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumen lembaga. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Keterampilan motorik halus kelompok B5 RA Matholi’ul Falah Juwana Langgenharjo menunjukkan bahwa dari 18 anak rata-rata perkembangannya sudah sesuai harapan. Tetapi masih terdapat 5 anak yang perkembangannya belum sesuai harapan. Hal ini dikarenakan anak belum lentur dalam menggerakkan jari-jarinya. Kemudian dalam mengasah keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut: 1) Guru menetapkan tujuan dan tema kegiatan dalam meningkatkan motorik halus terlebih dahulu, 2) Guru menetapkan bentuk metode yang dipilih dalam kegiatan pembelajaran 4) Guru menetapkan langkah kegiatan untuk mengasah motorik halus anak melalui kegiatan finger painting 5) Guru melaksanakan penilaian pada kegiatan meningkatkan keterampilan motorik halus. Untuk faktor pendukung dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan finger painting pada kelompok B5 di RA Matholi’ul Falah yaitu minat dan motivasi anak, kemampuan bertanya pendidik, dan keluwesan pendidik dalam kegaitan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu anak takut kotor, kelainan, anak terlalu antusias, waktu pembelajaran, dan perlindungan. Dengan adanya kegiatan finger painting diharapkan dapat membantu mengasah keterampilan motorik halus anak usia dini di RA Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana Pati. Dan penggunaan finger painting di RA Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana Pati berjalan dengan lancar dikarenakan finger painting merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMohtarom, MohtaromUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Motorik Halus, Permainan Finger Painting
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:28
Last Modified: 10 Apr 2023 03:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9663

Actions (login required)

View Item View Item