Annas, Moh (2022) Manajemen Pengembangan Kompetensi Pendidik Di Pondok Tahfizh Yanbu’ul Qur’an Remaja Kajeksan Kudus Pada Tahun 2022/2023. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (315kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (882kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (409kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (441kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (452kB) |
Abstract
Tesis ini membahas tentang Manjemen Pengembangan Kompetensi Pendidik Di Pondok Tahfizh Yanbu’ul Qur’an Remaja Kajeksan Kudus Pada Tahun 2022/2023. Adapun rumusan masalah yang dibahas dalam tesis ini yaitu untuk mengetahui 1) Manjemen Pengembangan Kompetensi Pendidik Di Pondok Tahfizh Yanbu’ul Qur’an Remaja Kajeksan Kudus, 2) Strategi Pengembangan Kompetensi Pendidik Di Pondok Tahfizh Yanbu’ul Qur’an Remaja Kajeksan Kudus dan 3) Evaluasi Manjemen Pengembangan Kompetensi Pendidik Di Pondok Tahfizh Yanbu’ul Qur’an Remaja Kajeksan Kudus. Penelitian ini menggunakan metode field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari kegiatan wawancara dengan informan yang meliputi Pengasuh Pondok Pesantren, Asatidz/guru, Pengurus pondok pesantren dan santri, serta data yang diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi waktu, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan Pengembangan Kompetensi Pendidik Di Pondok Tahfizh Yanbu’ul Qur’an Remaja berupa penelaahan tujuan, standar metodologi tahfidz melalui pendekatan kompetensi ustadz, karakteristik santri dan pendekatan proses tahfidz, sumber literatur yang digunakan dan instrumen evaluasi (pengukuran pencapaian hafalan santri), 2) Strategi pengembangan yang diterapkan meliputi membangun kekuatan dan kualitas internal pendidik pondok pesantren yaitu melalui perekrutan dari alumni pondok pesantren Yanbu’ sendiri serta melalui kualifikasi ketat sebagai seorang hamilul qur’an yang mahir, mengadakan studi banding ke lembaga pondok pesantren tahfidz unggul yang lain diwilayah pulau Jawa 3) Pelaksanaan pelatihan pengembangan metodologi dan kompetensi tahsin Al-Qur’an dan Al- Muqri’dengan narasumber ulama ahli Al-Qur’an dan ahli tafsir ; 4) Evaluasi manajemen dilaksanakan dengan model evaluasi bulanan dan evaluasi capaian standarisasi target progam kerja dengan tahapan; menganalisis progam yang sudah ada, pemantauan dan pengawasan dan membuat laporan tertulis.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pendidik, Pondok Tahfizh. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2023 02:30 | |||||||||
Last Modified: | 12 Apr 2023 03:27 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9678 |
Actions (login required)
View Item |