Implementasi Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Murid Madrasah Diniyyah Irsyadul Aulad Assalafiyyah Undaan Lor Undaan Kudus

Sastro, Mochamad Dimas (2022) Implementasi Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Murid Madrasah Diniyyah Irsyadul Aulad Assalafiyyah Undaan Lor Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (334kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an murid di Madrasah Diniyyah Irsyadul Aulad Assalafiyyah Undaan Lor Undaan Kudus beserta faktor-faktor yang mendukung maupun menghambat dalam proses tersebut. Subjek yang menjadi fokus dalam penelitian ini terdiri dari guru dan murid kelas 4, 5, dan 6 Madrasah Diniyyah Irsyadul Aulad Assalafiyyah Undaan Lor Undaan Kudus. Adanya murid-murid yang mempunyai kemampuan membaca al-Qur’an yang kurang baik dan kesulitan dalam membaca al-Qur’an menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan, sedangkan fokus penelitiannya terdapat pada pelaku, tempat, dan kegiatan yang dilaksanakan di Madrasah Diniyyah Irsyadul Aulad Assalafiyyah. Data primer diperoleh peneliti secara langsung dari sumber data, yaitu kepala madrasah, guru, dan murid. Data sekunder adalah data yang diperoleh peneliti dengan mengumpulkan berbagai sumber dari dokumen-dokumen yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian terdapat teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya implementasi metode Yanbu’a di Madrasah Diniyyah Irsyadul Aulad Assalafiyyah sudah cukup baik dan sesuai dengan tujuan dari metode Yanbu’a, dalam implementasi pembelajarannya menggunakan teknik sorogan dan klasikal yang dilaksanakan setiap hari sabtu sampai kamis pukul 16.00-17.00 WIB. Adapun evaluasi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an murid terdiri dari tiga tahapan, yaitu dilakukan pada awal penentuan jilid, setiap hari pada saat pembelajaran, dan setiap tes kenaikan jilid. Adapun pendukung yang dihadapi guru dalam implementasi metode Yanbu’a adalah panduan bacaan yang menyesuaikan kaidah tajwid dan makhorijul huruf serta penggunaan rosm utsmani dalam kitab jilid Yanbu’a beserta mudahnya informasi terkait pendidikan latihan yang diadakan oleh Yanbu’a Pusat, sedangkan hambatannya adalah singkatnya waktu pembelajaran dan latar belakang kemampuan membaca murid yang berbeda-beda. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini, bahwasanya implementasi metode Yanbu’a di Madrasah Diniyyah Irsyadul Aulad Assalafiyyah terlaksana dengan baik serta kemampuan membaca al-Qur’an murid dapat meningkat sesuai tujuan metode Yanbu’a.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSholihuddin, MohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Yanbu’a, Meningkatkan, Membaca Al-Qur’an.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:08
Last Modified: 12 Apr 2023 06:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9683

Actions (login required)

View Item View Item