Maimunah, Maimunah (2022) Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII E di MTs Negeri 2 Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (708kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (253kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (435kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (261kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (485kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (161kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan terhadap prinsip pendidikan kecerdasan majemuk yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan akademik dan non akademik peserta didik di MTs Negeri 2 Grobogan, dimana dalam kegiatan pembelajarannya dilaksanakan dengan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. Strategi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dapat diimplementasikan pada semua mata pelajaran, salah satunya mata pelajaran IPS. Melalui hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi strategi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk pada mata pelajaran IPS kelas VIII E di MTs Negeri 2 Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yang digunakan adalah teknik purposive sampling yang difokuskan kepada kepala madrasah, waka kurikulum, guru IPS, dan 10 peserta didik kelas VIII E di MTs Negeri 2 Grobogan. Teknik pengumpulan data, yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, yaitu dalam implementasi strategi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk pada mata pelajaran IPS kelas VIII E di MTs Negeri 2 Grobogan dilakukan dengan tiga strategi pembelajaran, serta terdapat enam potensi kecerdasan majemuk yang dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran, diantaranya 1) Strategi pembelajaran discovery learning yang dalam implementasinya terdapat kegiatan literasi untuk mengembangkan potensi kecerdasan verbal-linguistik, kegiatan berpikir kritis atau critical thinking untuk mengembangkan potensi kecerdasan logis-matematis, dan kegiatan kerja sama untuk mengembangkan potensi kecerdasan interpersonal; 2) Strategi pembelajaran project based learning yang dalam implementasinya dilakukan dengan kegiatan kreativitas untuk mengembangkan potensi kecerdasan audio-visual dan kecerdasan berirama-musik; 3) Strategi pembelajaran problem based learning yang dalam implementasinya dilakukan dengan memberikan tugas individu kepada peserta didik, kemudian mempersentasikan hasil tugas tersebut kepada temannya sebagai upaya mengembangkan potensi kecerdasan intrapersonal, sehingga tidak semua sembilan jenis kecerdasan majemuk dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran IPS kelas VIII E, karena dalam hal ini juga menyesuaikan dengan materi pembelajarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Kecerdasan Majemuk, Mata Pelajaran IPS, Peserta Didik Kelas VIII E | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Apr 2023 01:53 | ||||||
Last Modified: | 14 Apr 2023 01:53 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9715 |
Actions (login required)
View Item |