Menanamkan Nilai-nilai Tradisi Sego Kepel untuk Membentuk Sikap Peduli Sosial Sebagai Sumber Belajar IPS Kelas VII di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023

Ningrum, Endah Cahya (2022) Menanamkan Nilai-nilai Tradisi Sego Kepel untuk Membentuk Sikap Peduli Sosial Sebagai Sumber Belajar IPS Kelas VII di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (633kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (252kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (91kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (309kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (214kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembentuan dan penerapan sikap memiliki nilai-nilai budaya lokal dan memiliki peran penting dalam pewarisan budaya yaitu dengan melalui pembelajaran IPS. Tradisi masyarakat bisa disampaikan atau dilestarikan melalui pembelajaran IPS yang mana peserta didik mampu mengetahui. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dimana penelitian ini terjun langsung ke lapangan untuk melakukan penelitian dan memperoleh data. Adapun pendekatan yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data secara deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu pendidik, peserta didik, juru kunci Desa Loram Kulon. Data yang didapat dikumpulkan dengan teknik pengambilan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam uji keabsaha data peneliti menggunakan teknik triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Selanjutnya analisis data penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, antara lain: 1) nilai-nilai pendidikan tradisi Sego Kepel yang dilaksanakan masyarakat Desa Loram Kulon Jati Kudus sebagai sumber belajar IPS yaitu nilai peduli sosial, nilai persaudaraan, dan nilai toleransi. 2) penerapan nilai-nilai tradisi Sego Kepel untuk membentuk sikap peduli sosial sebagai sumber belajar IPS kelas VII di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus yaitu dilakukan menyatu dengan proses kegiatan pembelajaran pembelajaran IPS di dalam kelas, dengan memasukkan nilai-nilai tradisi Sego Kepel sebagai penguatan karakter peserta didik yang dicantumkan ke dalam RPP. 3) faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi pendidik IPS dalam kegiatan menanamkan nilai-nilai tradisi Sego Kepel untuk membentuk sikap peduli sosial sebagai sumber belajar IPS kelas VII yaitu dari faktor penghambat terdapat kurangnya antusias peserta didik dalam pembelajaran IPS dan kurangnya peserta didik sikap peduli sosial. Dan faktor pendukung yaitu fasilitas yang memadai dan pendidik IPS yang menguasai materi yang kan disampaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNur, Dany Miftah MUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Sego Kepel, Pembelajaran IPS, Sikap Peduli Sosial.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Apr 2023 01:56
Last Modified: 14 Apr 2023 01:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9716

Actions (login required)

View Item View Item