Subakti, Mohamad Faisal (2022) Etika Menuntut Ilmu dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim karya Imam Az-Zarnuji dan Relevansinya di Era Digital. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (74kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (75kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (112kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (308kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (89kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (282kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (75kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui relevansi etika menuntut ilmu dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim karya Imam Az-Zarnuji di era digital. Penelitian ini menggunakan metode library reseach (studi kepustakaan) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitik, menekankan pada hasil penalaran, dan disajikan dalam bentuk uraian naratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan eksplorasi menggunakan media digital. Data yang telah diperoleh kemudian dianalis menggunakan model aliran yang dikemukakan oleh Miles dan Hubermen melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Terdapat dua belas etika menuntut ilmu dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim karya Imam Az-Zarnuji, yaitu: niat belajar, wara’, tekun dan semangat, sabar, tawakal, musyawarah, pintar memanfaatkan waktu belajar, kasih sayang, pandai mengambil pelajaran, memuliakan ilmu, memuliakan guru, serta memuliakan teman belajar. Dari dua belas etika tersebut dapat diringkas menjadi empat kategori utama, yakni: etika pribadi peserta didik, etika peserta didik kepada ilmu, etika peserta didik kepada guru, dan etika peserta kepada teman belajar. 2) Etika menuntut ilmu yang terdapat dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim karya Imam Az-Zarnuji masih relevan apabila dijadikan sebagai salah satu pedoman menuntut ilmu di era digital. Namun, karena pada masa Imam Az-Zarnuji kegiatan menuntut ilmu menggunakan model pembelajaran luring (tatap muka), sedangkan dalam pembelajaran di era digital dapat dilakukan secara daring, dimana pendidik dan peserta didik tidak harus bertemu secara fisik, maka poin-poin etika menuntut ilmu yang ada di kitab Ta’lim al-Muta’allim karya Imam Az-Zarnuji dalam pengimplementasiannya perlu disesuaikan dengan model pembelajaran yang digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Ta’lim al-Muta’allim, Etika Menuntut Ilmu, Era Digital | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Apr 2023 02:13 | ||||||
Last Modified: | 14 Apr 2023 02:13 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9719 |
Actions (login required)
View Item |