Pengaruh Ibadah Puasa Ramadhan terhadap Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 4 Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Salamah, Wichda ‘Ainis (2022) Pengaruh Ibadah Puasa Ramadhan terhadap Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 4 Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (537kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (505kB)
[img] Text
4. Bab 1 Skripsi.pdf

Download (746kB)
[img] Text
5. Bab 2 Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. Bab 3 Skripsi.pdf

Download (705kB)
[img] Text
7. Bab 4 Skripsi.pdf

Download (874kB)
[img] Text
8. Bab 5 Skripsi.pdf

Download (197kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstract

Puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang sangat istimewa, karena puasa adalah ibadah hamba Allah Swt yang sepesial untuk Sang Pencipta. Selain itu bulan Ramadhan adalah momentum untuk memperbaiki diri, memperbanyak istighfar dan bertaubat kepada Allah SWT. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan, (2) mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas pembentukan karakter Islami, dan (3) mengetahui dan mendeskripsikan seberapa besar kontribusi pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan dalam rangka pembentukan karakter Islami peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Kudus tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini digunakan dalam penelitian inferensial untuk menguji hipotesis ada tidaknya pengaruh ibadah puasa Ramadhan terhadap pembentukan karakter Islami peserta didik. Populasi penelitiannya yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Kudus pada tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 286, dengan mengambil sampel sejumlah 74 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Hasil angket diuji dengan uji validitas dan reliabilitas, dan digunakan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Kemudian hipotesis diuji menggunakan uji deskriptif dengan uji t hitung dan uji asosiatif menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan diperoleh nilai minimum 61 dan nilai maksimum 83 dengan nilai rata-ratanya 72,93 dan nilai standar deviasi 5,711. Berdasarkan nilai rata-rata tersebut dapat diinterpretasikan bahwa pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan berada dalam kisaran interval 73 s/d 79 dengan kategori baik. (2) pembentukan karakter Islami diperoleh nilai minimum 63 dan nilai maksimum 83 dengan nilai rata-ratanya 72,27 dan nilai standar deviasi 5,744. Berdasarkan nilai rata-rata tersebut dapat diinterpretasikan bahwa pembentukan karakter Islami berada dalam kisaran interval 68 s/d 72 dengan kategori cukup baik. (3) hasil perhitungan uji t sebesar 3,781 lebih besar dari ttabel adalah 2,000 yang berarti bahwa Ha diterima. Selain itu juga diperoleh persamaan regresi Y = 25,112 + 0,347X yang menandakan ada hubungan positif antara pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan dengan pembentukan karakter Islami. Hasil analisis kolerasi regresi linier sederhana diperoleh nilai sebesar 0,643 lebih besar dari rtabel sebesar 0,227 yang disimpulkan bahwa pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan cukup kuat dalam mempengaruhi pembentukan karakter Islami peserta didik VIII di SMP Negeri 4 Kudus tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIhsan, IhsanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Puasa Ramadhan dan Karakter Islami.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:21
Last Modified: 14 Apr 2023 02:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9721

Actions (login required)

View Item View Item