Pengembangan Media Video Interaktif Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kompetemsi Interpersonal Peserta Didik MTs NU Al-Falah Tanjung Rejo Kudus

Khasanah, Lady Intan (2022) Pengembangan Media Video Interaktif Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kompetemsi Interpersonal Peserta Didik MTs NU Al-Falah Tanjung Rejo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (741kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (996kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video interaktif bimbingan konseling sebagai alternatif solusi dalam meningkatkan kompetensi interpersonal peserta didik. Selain itu untuk mengetahui kelayakan media video interaktif tersebut dalam meningkatkan kompetensi interpersonal peserta didik yang rendah, serta untuk mengetahui efektivitas media tersebut. Penelitian ini dilakukan di MTs NU Al-Falah Tanjung Rejo Kudus. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian dan Pengembangan (Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model penelitian dari Borg & Gall. Subjek uji coba produk awal dilakukan oleh ahli materi 1 orang dosen bimbingan dan konseling IAIN Kudus dan ahli media dari dosen IAIN Kudus. Uji coba produk utama adalah 6 peserta didik kelas VIII. Setting penelitian mengambil tempat di MTs Nu Al-Falah Tanjung Rejo Kudus. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan menggunakan instrument berupa lembar penilaian untuk para ahli, kuisioner (angket) untuk peserta didik, dan soal pre test serta post test. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media video interaktif bimbingan konseling layak digunakan sebagai media video interaktif setelah melewati uji validasi tim ahli materi dan media, serta melewati uji coba produk. Skor yang didapatkan sebagai hasil validasi oleh ahli materi adalah 88,9 dan skor yang didapatkan sebagai hasil validasi media adalah 85,3. Hasil uji coba produk utama pada konseli mendapatkan skor rata-rata 91. Kedua tahapan uji coba produk yang menggunakan peserta didik sebagai subjek uji coba menyatakan bahwa media video interaktif yang dikembangkan layak digunakan. Setelah dinyatakan layak, media video interaktif bimbingan konseling ini diuji efektivitas dengan Uji T. Subjek uji coba ini adalah kelas VIII-A. Pertama dilakukan pre test kepada 28 peserta didik, kemudian diambil kategori peserta didik yang mengalami kompetensi interpersonal rendah yaitu 6 peserta didik untuk diberikan perlakuan menggunakan media video interaktif bimbingan konseling. Hasil pre test rata-rata adalah 77 dan post test 107. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa ada peningkatan tingkat kompetensi interpersonal peserta didik setelah diberikan perlakuan. Oleh karena itu media video interaktif bimbingan konseling ini efektif untuk diberikan kepada peserta didik yang mengalami kompetensi interpersonal rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFithriyana, ArinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Video Interaktif Bimbingan Konseling, Kompetensi Interpersonal
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:04
Last Modified: 17 Apr 2023 02:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9738

Actions (login required)

View Item View Item