Hasan, Muhammad Rizal (2022) Implementasi Penggunaan Media Video Animasi dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas VII MTs Nurul Ulum Welaha. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (441kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (544kB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (644kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (639kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (483kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (572kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (453kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (380kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran IPS menggunakan media video animasi di kelas VII MTs Nurul Ulum Welahan. 2) Untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik pada pembelajaran IPS dengan menggunakan media video animasi di kelas VII MTs Nurul Ulum Welahan. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menggunakan media video animasi yang berpengaruh pada pembelajaran IPS di kelas VII MTs Nurul Ulum Welahan.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan,yaitu peneliti datang langsung ke lokasi penelitian di MTs Nurul Ulum Welahan Jepara. Subjek penelitiannya yaitu Kepala sekolah, guru IPS, dan siswa siswi kelas VII MTs Nurul Ulum Welahan. Dari informan yang terkait dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Selanjutnya data di analisis dengan memilih dan merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan agar penelitian menjadi sempurna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, Implementasi penggunaan media video animasi pada pembelajaran IPS dapat berjalan dengan baik dibuktikan dengan melalui tiga tahapan yakni : Pertama tahap persiapan, meliputi membuat RPP hingga persiapan alat-alat yang akan digunakan. Kedua tahap pelaksanaan, yaitu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media video animasi. Ketiga tahap penutup diisi dengan memberikan kesimpulan dan memberi kesampatan siswa untuk bertanya serta pada akhir sesi KBM ditambah dengan evaluasi dan pemberian tugas untuk meyakinkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Kedua, pendidik dan peserta didik sama-sama merespon baik mengenai penggunaan media video animasi dalam pembelajaran IPS. kedua pihak sama-sama mendukung penggunaan media tersebut dalam proses pembelajaran IPS. Ketiga, faktor pendukung penggunaan media video animasi antara lain adalah pendidik, motivasi belajar, dan fasilitas sekolah yang mendukung. Faktor penghambatnya adalah beberapa sarana prasarana yang kondisinya kurang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Video Animasi, Pembelajaran IPS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2023 02:09 | ||||||
Last Modified: | 17 Apr 2023 02:09 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9739 |
Actions (login required)
View Item |