Unsiyah, Ummi (2017) PENERAPAN PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS TARBIYATUS SIBYAN KETANGGAN GEMBONG PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (941kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (453kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (440kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (531kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (712kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (573kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (636kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (457kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (492kB) |
Abstract
Dalam proses pendidikan, metode dan pendekatan memiliki kedudukan yang sangat signifikan untuk mencapai tujuan pendidikan terutama dalam meningkatkan kreativitas belajar. Penelitian ini bertujuan Untuk: (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan resource based learning untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Tarbiyatus Sibyan Ketanggan Gembong Pati tahun pelajaran 2016/2017, (2) mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat penerapan pendekatan resource based learning untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Tarbiyatus Sibyan Ketanggan Gembong Pati tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dari informan kepala MTs, guru Aqidah Akhlak dan peserta didik. Uji keabsahan data berupa Uji Kredibilitas data, Transferability, Dependability, dan Confirmability. Teknik analis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun lokasi penelitian di MTs Tarbiyatus Sibyan Ketanggan Gembong Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pendekatan resource based learning untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Tarbiyatus Sibyan Ketanggan Gembong Pati yaitu adanya pengajaran langsung oleh guru, buku pelajaran, pencarian bahan dari berbagai sumber dan juga dengan mengadakan diskusi. Serta dengan langkah-langkah: Pengetahuan /pengalaman yang ada, Tujuan pelajaran, Memilih metodologi, Koleksi dan penyediaan bahan, penyediaan tempat, serta membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sebelum mengajar. 2) faktor yang mendukung penerapan pendekatan resource based learning untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Tarbiyatus Sibyan Ketanggan Gembong Pati tahun pelajaran 2016/2017 adalah motivasi guru, situasi yang menghadirkan kelengkapan serta keterbukaan interaksi dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah persiapan guru kurang matang dan faktor dalam diri siswa itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Resource Based Learning; Kreativitas Belajar; Aqidah Akhlak |
Subjects: | Aqaid dan Ilmu Kalam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 May 2017 02:58 |
Last Modified: | 11 May 2017 02:58 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/975 |
Actions (login required)
View Item |