Strategi Internalisasi Nilai-nilai Adab Dalam Kitab Ta’lim Muta’alim Bagi Generasi Milenial di MTs NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus

Farichah, Nor (2022) Strategi Internalisasi Nilai-nilai Adab Dalam Kitab Ta’lim Muta’alim Bagi Generasi Milenial di MTs NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (477kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (844kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (470kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (808kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (335kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)

Abstract

Internalisasi nilai-nilai adab sangat diperlukan bagi peserta didik generasi milenial. Supaya peserta didik dapat menghayati dan mendalami nilai-nilai adab yang terdapat di kitab ta’lim muta’alim. Sehingga peserta didik memiliki pondasi dasar nilai-nilai spiritual yang kuat. Untuk itu, diperlukan strategi yang tepat dalam internalisasi nilai-nilai adab supaya dapat berjalan dengan baik, sehingga dapat membantu lembaga pendidikan dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi khususnya terkait degradasi moral. MTs NU Ibtidaul Falah merupakan salah satu sekolah yang menggunakan kitab ta’lim muta’lim sebagai muatan lokal. MTs NU Ibtidaul Falah terletak di Kabupaten Kudus, yang memiliki potensi di bidang akademik yang baik, serta didukung dengan ilmu pengetahuan agama yang sangat mumpuni. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi internalisasi nilai-nilai adab dalam kitab ta’lim muta’alim bagi generasi milenial di MTs NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam internalisasi nilai-nilai adab di MTs NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach). Pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Setting penelitian berada di MTs NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata peljaran kitab ta’lim muta’alim, dan peserta didik kelas IX di MTs NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus. Data-data mengenai strategi internalisasi nilai-nilai adab, dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara langsung dengan beberapa narasumber, dan dokumentasi. Setelah peneliti menganalisis data-data yang terkumpul melalui teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajain data, dan penarikan kesimpulan, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi internalisasi nilai-nilai adab dalam kitab ta’lim muta’alim bagi generasi milenial di MTs NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus, terdiri dari tujuh strategi yang meliputi: pemberian nasehat, pemberian motivasi, peneladanan, pembiasaan, penegakan aturan, pemberian sanksi, dan pemberian penghargaan. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam internalisasi nilai-nilai adab di MTs NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus, dimana faktor pendukung meliputi: adanya kontrol dari Kepala Sekolah (baik dengan terlibat secara langsung maupun melalui evaluasi rutin), adanya peran aktif dari bapak dan ibu guru, adanya peran aktif dari orang tua, serta adanya kesadaran diri dari peserta didik. Adapun faktor penghambat meliputi: faktor keluarga, dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNadhirin, NadhirinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai-nilai Adab dan Generasi Milenial
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Psikologi Islam
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Apr 2023 01:55
Last Modified: 18 Apr 2023 01:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9759

Actions (login required)

View Item View Item