Dampak Toxic Konten Video Youtube Terhadap Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Abadiyah Gabus Pati

Rozi, Fahrul (2022) Dampak Toxic Konten Video Youtube Terhadap Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Abadiyah Gabus Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (455kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (598kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (324kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (917kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (369kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)

Abstract

Media sosial youtube seharusnya memiliki konten-konten yang baik untuk masyarakat khususnya untuk pelajar. Akan tetapi pada saat ini konten-konten yang terdapat di media sosial youtube banyak yang kurang mengandung nilai-nilai moral akhlak. Dilihat dari banyaknya konten yang mengandung unsur yang kurang baik, seperti penggunaan kata-kata kasar dalam konten ataupun tindakan yang buruk hanya untuk konten. Tujuan dari adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari adanya konten toxic ini terhadap akhlak siswa dan upaya pihak sekolah untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari konten toxic video youtube terhadap akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan field research, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII, guru, dan kepala sekolah MTs Abadiyah Gabus Pati. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data (data display), reduksi data (data reduction), pemaparan data (data display), dan verifikasi (conclution drawing). Hasil dari penelitian ini yaitu Konten toxic pada media sosial youtube membawa dampak yang negatif dalam perkembangan akhlak siswa Dampak yang ditimbulkan yaitu penggunaan bahasa kasar atau kata-kata yang kurang sopan dan dapat menyinggung orang lain. Selain itu siswa juga dapat menjadi malas dalam belajar dan beraktivitas lainnya yang lebih menguntungkan dari pada hanya bermain media sosial youtube. Adapun upaya pihak sekolah MTs Abadiyah Gabus Pati yaitu dengan pengetatan tata tertib, pemantauan siswa, evaluasi siswa, komunikasi dengan orang tua, dan pemberian sanksi. Sehingga dengan upaya-upaya tersebut diharapkan dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari adanya konten toxic pada media sosial youtube.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaisyanah, MaisyanahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Youtube, Toxic Konten, Akhlak Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:17
Last Modified: 18 Apr 2023 02:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9766

Actions (login required)

View Item View Item