Implementasi Budaya Religius Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MTs Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara

Hilmi, M. Rifqi Al (2022) Implementasi Budaya Religius Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MTs Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (917kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (196kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (687kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (288kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (493kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan pokok. Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui budaya religius melalui penguatan pendidikan karakter yang diterapkan dalam membentuk karakter peserta didik MTs Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara; 2) untuk mengetahui dampak pelaksanaan budaya religius melalui penguatan pendidikan dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara; 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan budaya religius melalui penguatan pendidikan karakter yang diterapkan dalam membentuk karakter peserta didik MTs Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) jenis deskriptif kualitatif. Sumber data berupa primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dari observasi, wawancara, dokumen, dan trianggulasi. Dalam penelitian ini pengambilan data lapangan peneliti menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah informan penelitian ini ada 6 yang terdiri dari satu kepala madrasah, tiga pendidik, dan dua peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) MTs Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara menerapkan budaya religius melalui kegiatan penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang telah berlangsung selama ini melalui program kajian perempuan, kajian keagamaan, khataman Al Quran, yasinan, doa bersama sebelum pelajaran dimulai, infaq atau tali asih, kantin kejujuran, serta Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). 2) dampak penerapan budaya religius dalam membentuk kepribadian peserta didik MTs Hasan Kafrawi menjadikan peserta didik berakhlaq mulia, dan kesantunan merupakan bentuk kerendahan hati terhadap guru, saling menjaga saat bertemu agar tidak acuh satu sama lain, dan penerapan ini diterapkan dilingkungan sekolah dengan harapan bisa dipraktekkan kebiasaan yang baik dirumah atau masyarakat. 3) faktor pendukung untuk meningkatkan budaya keagamaan adalah dari lingkungan sekolah, tokoh dan guru, serta masyarakat. Sedangkan faktor penghambat untuk meningkatkan budaya keagamaan siswa adalah pengaruh lingkungan dan media, serta ketidaktahuan siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFalah, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Budaya Religius, Karakter, Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Apr 2023 07:19
Last Modified: 18 Apr 2023 07:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9792

Actions (login required)

View Item View Item