Hana, Nurul (2022) Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi (Studi Kasus Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SMP Negeri 1 Welahan Jepara Tahun Ajaran 2021/2022). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (8MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (185kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (341kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (101kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (739kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (77kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di SMPN 1 Welahan Jepara. (2) Upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi di SMPN 1 Welahan Jepara. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi di SMPN 1 Welahan Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di SMPN 1 Welahan Jepara merupakan kebijakan dari kepala sekolah atas dasar surat keputusan bersama empat Menteri. Tahapan pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan berdasarkan aspek perencanaan, proses, dan evaluasi. 2). Upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi di SMPN 1 Welahan Jepara yaitu: Pertama, penerapan strategi PAIKEM. Kedua, dengan penggunaan multimedia, siswa lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan. Ketiga, komunikasi yang efektif antara guru dengan siswa. Keempat, dengan tugas yang diberikan oleh pendidik, peserta didik menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. 3). Faktor yang mendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi di SMPN 1 Welahan Jepara antara lain minat belajar siswa, kreativitas guru dalam mengajar, perhatian orang tua peserta didik, serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Sedangkan faktor yang menghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi diantaranya: kejenuhan, tidak adanya bimbingan belajar daring di rumah, dan waktu belajar di sekolah yang terbatas sehingga menyulitkan dalam memberikan motivasi belajar di situasi pandemi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2023 02:42 | ||||||
Last Modified: | 27 Apr 2023 02:42 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9819 |
Actions (login required)
View Item |