Strategi Membentuk Karakter Anak dalam Pendidikan Keluarga dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Thomas Lickona)

Ulfa, Maria (2022) Strategi Membentuk Karakter Anak dalam Pendidikan Keluarga dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Thomas Lickona). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (360kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (362kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang membentuk karakter anak dalam pendidikan keluarga dan relevansinya dengan pendidikan Islam hasil telaah Thoma Lickona sesuai buku yang berjudul Educating for Character. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga yang menempati posisi penting dalam proses kehidupan manusia. Pendidikan karakter dalam keluarga juga harus relevan dengan pendidikan Islam sehingga mengajarkan anak agar mempunyai karakter dan akhlak yang mulia sesuai dengan kaidah Islam. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui konsep pendidikan karakter menurut perspektif Thomas Lickona, (2) mengetahui strategi orang tua dalam membentuk karakter anak menurut perspektif Thomas Lickona, dan (3) mengetahui relevansi pembentukan karakter anak menurut Thomas Lickona dengan pendidikan Islam. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik dokumentasi yaitu pengumpulan data dari sumber-sumber catatan, transkrip, buku, dan sebagainya. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis (analisis isi). Dari hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa; (1) Thomas Lickona memberikan konsep bahwa pendidikan karakter telah menjadi perhatian berbagai negara dalam rangka mempersiapkan generasi yang berkualitas, bukan hanya untuk kepentingan individu warga negara, tetapi juga untuk warga masyarakat secara keseluruhan; (2) strategi dalam membentuk karakter, yaitu moral knowing, moral feeling, dan moral action. Moral knowing berperan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada anak akan hal yang baik dan buruk, moral feeling adalah membangun kecintaan berperilaku baik pada anak yang akan menjadi sumber energi anak untuk berperilaku baik, menggali dan mempraktikkan kompetensi yang mengandung nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan, moral action yaitu ketika anak melakukan “tindakan moral” mereka harus selalu mengingat “konsekuensi” dari tindakan yang dilakukannya; (3) relevansi karakter dengan pendidikan Islam dalam buku Educating for Character karya Thomas Lickona adalah sikap dan perilaku taat kepada aturan agama. Aturan dalam agama dibuat agar terjadi keteraturan dalam hidup di dunia. Karakter religius merupakan sebuah upaya atau tindakan membentuk dan membangun moral yang sesuai dengan ajaran agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, UlfahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Pendidikan Keluarga, Karakter, Thomas Lickona
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Apr 2023 06:54
Last Modified: 27 Apr 2023 06:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9837

Actions (login required)

View Item View Item