STUDI ANALISIS NILAI-NILAI ETIS DALAM INTERAKSI EDUKATIF DALAM KITAB ADABUD DUNYA WAD DIN KARYA SYAIKH ABI HASAN ALI BIN MUHAMMAD BIN HABIB AL-MAWARDI

Asror, Chozin (2017) STUDI ANALISIS NILAI-NILAI ETIS DALAM INTERAKSI EDUKATIF DALAM KITAB ADABUD DUNYA WAD DIN KARYA SYAIKH ABI HASAN ALI BIN MUHAMMAD BIN HABIB AL-MAWARDI. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1 = COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 2 = ABSTRAK.pdf

Download (856kB)
[img] Text
FILE 3 = DAFTAR ISI.pdf

Download (861kB)
[img] Text
FILE 4 = BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 5 = BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 6 = BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 7 = BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 8 = BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 9 = DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui Nilai-nilai etis dalam interaksi edukatif dalam Kitab Adabud Dunya Wad Din karya Syaikh Abi Hasan Ali bin Muhammad bin Habib al-Mawardi (2) Untuk mendiskripsikan implementasi nilai-nilai etis dalam interaksi edukatif dalam kitab Adabud Dunya Wad Din karya Syaikh Abi Hasan Ali bin Muhammad bin Habib al-Mawardi relevansinya terhadap perkembangan zaman di era modern Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Proses pengumpulan data menggunakan kajian teks dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menujukan bahwa (1) nilai-nilai etis dalam interaksi edukatif dalam Kitab Adabud Dunya Wad Din karya al-Mawardi menurut hasil peneliti sangatlah bagus dan bermanfaat. Karena guru harus memperhatikan nilai-nilai etis dalam melakukan interaksi edulatif dengan peserta didik demi keberhasilan pendidikan. Nilai-nilai etis itu adalah nilai tawadhu’, nilai keikhlasan, dan nilai keteladanan. Sikap tawadhu’ tersebut akan menyebabkan guru bersikap demokratis dalam menghadapi murid-muridnya. Dengan nilai keikhlasan guru mampu bersikap, berbuat dan mau memahami anak didiknya dengan segala konsekuensinya. Serta dengan nilai keteladanan, guru mampu menjadi teladan yang baik dan bukan hanya sebagai komunikator. Oleh karena itu segala tingkah laku guru harus sesuai dan sejalan dengan norma dan nilai ajaran agama. (2) Impementasi konsep pendidikan yang telah dirumuskan oleh al-Mawardi dalam Kitab Adabud Dunya wad Din pada saat ini belum dapat terealisasikan secara menyeluruh. Terbukti dengan adanya fenomena-fenomena tentang penyimpangan perilaku, baik dari guru maupun peserta didik. Dengan adanya konsep yang telah dirumuskan al-Mawardi dalam Kitab Adabud Dunya Wad Din, beliau menghendaki agar dapat menghasilkan out put pendidikan yang memiliki kekuatan sepiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan serta akhlak mulia. Serta menawarkan kepada para pendidik dan pelaku pendidikan tentang batasan norma yang harus dibangun dalam rangka membangun sebuah generasi yang berperadaban Batasan tersebuat adalah nilai-nilai ketuhanan yang bersumber pada wahyu. Saran peneliti selanjutnya yaitu penelitian ini bersifat teoritik jadi alangkah baiknya penelitian ini dilanjutkan oleh peneliti lainnya yang langsung praktik di lapangan. Sehingga akan semakin membuktikan kebenaran dari konsep pendidikan al-Mawardi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai etis; interaksi edukatif; Kitab Adabud Dunya Wad Din karya Syaikh Abi Hasan Ali bin Habib al-Mawardi
Subjects: 200 Agama
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 390 Adat Istiadat > Etiket, Sopan Santun
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 May 2017 03:58
Last Modified: 11 May 2017 03:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/984

Actions (login required)

View Item View Item