Izah, Shela Jazilatul (2022) Pengembangan KARMAGAMA (Kartu Matematika Bergambar Etnomatematika Rumah Adat Jawa) sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Lasem. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (321kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (383kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (346kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (772kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (436kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (326kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
Abstract
Pembelajaran matematika materi geometri bangun datar segitiga dan segiempat masih menuai beberapa kesulitan bagi peserta didik. Matematika materi bangun datar segitiga dan segiempat mengalami kendala dalam penyampaian materi dikarenakan jam pelajaran matematika yang kurang serta peserta didik yang kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengembangan media KARMAGAMA (Kartu Matematika Bergambar Etnomatematika Rumah Adat Jawa) sebagai media pembelajaran matematika materi bangun datar bagi peserta didik (2) megetahui kelayakan media KARMAGAMA (Kartu Matematika Bergambar Etnomatematika Rumah Adat Jawa) sebagai media pembelajaran matematika materi bangun datar bagi peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Lasem. Penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitan dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang diujicobakan pada subjek uji coba skala kecil dan skala besar. Model penelitian ini terdiri dari lima tahap yang terdiri dari analisis (Analysis), perancangan (Desain), pengembangan (Development), penerapan (Implementation), evaluasi (Evaluation). Proses pembuatan media KARMAGAMA (Kartu Matematika Bergambar Etnomatematika Rumah Adat Jawa) sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar mengunakan aplikasi canva dan pixellab untuk menghasilkan desain kartu matematika KARMAGAMA, setelah itu dicetak dengan menggunakan kertas art carton yang dilaminasi dengan lapisan film plastic. Hingga media pembelajaran mendapatkan kategori layak yang selanjutnya media diuji coba kepada delapan siswa untuk skala kecil dan 56 siswa untuk skala besar pada kelas VII SMP Negeri 3 Lasem. Hasil penelitian diperoleh (1) proses pengembangan media pembelajaran KARMAGAMA (Kartu Matematika Bergambar Etnomatematika Rumah Adat Jawa) Materi Bangun Datar pada kelas VII SMP Negeri 3 Lasem menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) atau Research and development dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE yang melalui lima tahap (2) hasil uji kelayakan melalui validasi oleh ahli materi memperoleh skor nilai rata-rata x ̅=89,33; ahli media memperoleh skor nilai rata-rata x ̅=83,5 ; hasil dari respon skala kecil oleh 8 peserta didik yaitu memperoleh skor nilai rata-rata x ̅=88,438 ; hasil dari respon skala besar oleh 56 peserta didik yaitu memperoleh skor nilai rata-rata x ̅=92,54. Berdasarkan hasil tersebut maka KARMAGAMA (Kartu Matematika Bergambar Etnomatematika Rumah Adat Jawa) materi bangun datar masuk dalam kategori “Sangat Layak” sebagai media pembelajaran matematika khusunya digunakan di SMP Negeri 3 Lasem.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Bangun Datar Segitiga dan Segiempat, KARMAGAMA (Kartu Matematika Bergambar Etnomatematika Rumah Adat Jawa), Media Pembelajaran Matematika. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2023 07:28 | ||||||
Last Modified: | 27 Apr 2023 07:28 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9845 |
Actions (login required)
View Item |