PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKULIKULER IBADAH SHALAT TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS. NURUL ISLAM KRIYAN KALINYAMATAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017.

Taimima, Ahmad Ibnu (2017) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKULIKULER IBADAH SHALAT TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS. NURUL ISLAM KRIYAN KALINYAMATAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
File 1. Awal.pdf

Download (12MB)
[img] Text
File 2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 3. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar.pdf

Download (4MB)
[img] Text
File 4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FIle 5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui tingkat kegiatan ekstrakulikuler ibadah shalat di MTs. Nurul Islam Kalinyamatan Jepara (2) Untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa di MTs. Nurul Islam Kalinyamatan Jepara (3) Untuk mengetahui Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Ibadah Shalat terhadap Kemandirian Belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs. Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik, cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Dikatan sampel jenuh karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel, dengan jumlah sampel 71. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi sederhana dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan ekstrakulikuler ibadah shalat dalam kategori cukup baik menunjukkan mean dengan nilai 67,90 karena termasuk dalam interval (62 – 68), kemandirian belajar di MTs.Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara dalam kategori baik menunjukkan mean dengan nilai 86.87 karena termasuk dalam interval (86 - 96). (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakulikuler ibadah shalat terhadap kemandirian belajar di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara, dengan persamaan regresi Ŷ = 57,128 + 0,438 X, dan kegiatan ekstrakulikuler ibadah shalat mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kemandirian belajar siswa (4) Ada pengaruh kegiatan ekstrakulikuler ibadah shalat terhadap kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MTs. Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini membuktikan bahwa pada taraf signifikan 5% untuk responden berjumlah 71 didapat pada tabel adalah rt =0,227 sedangkan ro =0,266 yang berarti ro lebih besar dari rt (ro > rt ). Dengan demikian pada taraf signifikani 5% hasilnya adalah signifikan, yang berarti ada hubungan yang positif antara kedua variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Ekstrakulikuler Ibadah Shalat; Kemandirian Belajar
Subjects: Fiqih
Fiqih > Ibadah
Fiqih > Ibadah > Shalat
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 May 2017 04:04
Last Modified: 11 May 2017 04:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/985

Actions (login required)

View Item View Item