Andani, Fittiara Luke Hayu (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Sinetron Ustad Milenial dan Relevansinya dengan Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover.pdf Download (843kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (264kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (345kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (582kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (646kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (359kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (268kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (509kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam sinetron Ustad Milenial. Untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam sinetron Ustad Milenial dengan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu pendidikan karakter dalam sinetron Ustad Milenial dan relevansinya terhadap nilai Pendidikan Agama Islam. Sumber data yang digunakan ialah sinetron Ustad Milenial episode 1-13. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tayangan sinetron Ustad Milenial episode 1-13 berdurasi antara 43-52 menit. Adapun urutan tayangan filmnya yaitu cuplikan adegan pembuka, opening credit, isi film, pre-ending, spoiler episode berikutnya, dan ending credit. Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam sinetron Ustad Milenial episode 1-13 terdiri dari sebelas (11) nilai karakter, yaitu nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Relevansi nilai pendidikan karakter dalam sinetron Ustad Milenial dengan nilai Pendidikan Agama Islam ialah sebagai berikut: pertama, nilai karakter religius, yang berkaitan dengan iman kepada Allah, dan iman kepada qadla dan qadar relevan dengan nilai akidah. Kedua, nilai karakter religius, yang berkaitan dengan menutup aurat, shalat berjamaah, membaca Al-Qur’an, berdo’a, dan shalat tahajud relevan dengan nilai ibadah. Ketiga, nilai karakter religius, yang berkaitan dengan berbakti kepada orang tua, optimis, sabar, dan tawakal; nilai karakter jujur; toleransi; disiplin; kerja keras; rasa ingin tahu; menghargai prestasi; bersahabat/komunikatif; peduli lingkungan; peduli sosial; dan tanggung jawab relevan dengan nilai akhlak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Sinetron Ustad Milenial, Nilai Pendidikan Agama Islam. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 08 May 2023 07:14 | ||||||
Last Modified: | 08 May 2023 07:14 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9925 |
Actions (login required)
View Item |