Studi Analisis Pembelajaran Kitab Aqidatul Awwam Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Sinanggul I Mlonggo Jepara

Rahmawati, Wahyu Aditya (2022) Studi Analisis Pembelajaran Kitab Aqidatul Awwam Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Sinanggul I Mlonggo Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (719kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (948kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (405kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (675kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (528kB)

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk mengetahui pembelajaran kitab Aqidatul Awwam, proses pembelajaran muatan lokal kitab Aqidatul Awwam dalam pembentukan karakter religius siswa, faktor pendukung dan penghambat dan bentuk-bentuk karakter religius siswa kelas V MI Miftahul Huda Sinanggul I Mlonggo Jepara. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif karena peneliti turun langsung ke lapangan, terlibat dalam proses pembelajaran muatan lokal kitab Aqidatul Awwam dan ikut merasakan sehingga dapat menggambarkan suatu gambaran kejadian yang lebih komperehensif terkait dengan situasi setempat. Data yang didapat melalui sumber data primer yakni kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas V, guru pengampu muatan lokal, dan siswa kelas V. Sedangkan sumber data sekunder menggunakan data kepustakaan dan data dokumentasi. Data yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait di MI Miftahul Huda Sinanggul I Mlonggo Jepara.Teknik analisis yang digunakan yakni dengan teknik data reduction, data displays, conclusion drawing/verification dari model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini memperoleh hasi 1) pembelajaran kitab Aqidatul Awwam di kelas V MI Miftahul Huda Sinanggul I Mlonggo Jepara menginduk pada kurikulum 2013 yang telah disesuaikan dengan kebutuhan madrasah. Untuk pelaksanaan pembelajaran kitab Aqidatul Awwam perlu adanya persiapan yang sangat matang, baik dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan pembelajarannya dan evaluasi. Dalam perencanaan, penguasaan dan menyiapan materi yang akan diajarkan, pembuatan RPP oleh guru pengampu, menentukan media, metode yang akan digunakan, dan guru yang berkompeten dalam bidang salaf. Dalam pelaksanaan, pembelajaran terdiri dari tiga kegiatan yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dalam tahap evaluasi, dilakukan dengan cara evaluasi secara tertulis dan tidak tertulis. 2) proses pembelajaran muatan lokal kitab Aqidatul Awwam melalui tiga tahapan kegiatan, kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, terbentuknya karakter religius pada siswa yakni dari pembiasaan membaca nadhom kitab Aqidatul Awwam, penggunaan metode ceramah dan penyisipan kisah ketika menjelaskan materi-materi kitab sehingga kisah-kisah tersebut menjadi kesan positif yang dapat menginspirasi siswa untuk berperilaku seperti tokoh atau karakter seperti dalam kisah dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain dalam pembelajaran, terdapat kegiatan keagamaan yang dapat membentuk karakter religius pada siswa kelas V seperti membaca asmaul husna, sholat berjama'ah, mengucapkan salam ketika masuk dan keluar kelas. Nilai-nilai religius yang muncul yakni sikap tolong menolong sesama, bersyukur, tanggung jawab, jujur, dapat dipercaya. 3) faktor pendukung proses pembelajaran muatan lokal kitab Aqidatul Awwam antara lain rasa semangat belajar siswa yang tinggi, kompetensi guru, sarana prasarana yang memadai, dukungan keluarga. sedangkan faktor penghambatnya yakni kesulitan belajar, keterlambatan belajar, ketidakmampuan belajar, lingkungan sekitar dan kebiasaan buruk siswa yang mudah ditirukan siswa lainnya.4) Bentuk-bentuk karakter religius siswa kelas V yang terlihat dalam keseharian diantaranya adalah sikap rendah hati dan sopan santun, saling menghormati sesama dan mawas diri, sikap tanggung jawab, amanah atau dapat dipercaya, amal shalih dan beriman, sabar, bersyukur dan memiliki rasa persatuan yang tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanik, Elva UmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Muatan Lokal, Pembelajaran Kitab Aqidatul Awwam, Karakter Religius
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 May 2023 03:48
Last Modified: 10 May 2023 03:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9939

Actions (login required)

View Item View Item