Yuliani, Renni Ina (2017) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN KELAS DENGAN PENDEKATAN ECLECTIC DALAM MENINGKATKAN KEPEKAAN SOSIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI NU TARBIYATUS SHIBYAN JETAK KEDUNGDOWO KALIWUNGU KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (854kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (917kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (912kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (908kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Fokus penelitian ini ada dua, yaitu: (1) Implementasi pengelolaan kelas dengan pendekatan eclectic dalam meningkatkan kepekaan sosial siswa pada pembelajaran aqidah akhlak di MI NU Tarbiyatus Shibyan Kudus (2) Faktor penghambat dan pendukung implementasi pengelolaan kelas dengan pendekatan eclectic dalam meningkatkan kepekaan sosial siswa pada pembelajaran aqidah akhlak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sesuai dengan obyek kajiannya, jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan mengambil lokasi penelitian di MI NU Tarbiyatus Shibyan Kudus. Teknik pengumpulan data diperoleh observasi, wawancara dan dokumentasi, menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis isi. Adapun hasil skripsi ini: 1) Implementasi pengelolaan kelas dengan pendekatan eclectic dalam meningkatkan kepekaan sosial siswa pada pembelajaran aqidah akhlak dilakukan melalui beberapa langkah. Pertama, penyampaian materi aqidah akhlak dengan menerapkan pengelolaan kelas. Kedua, pendekatan eclectic yang dikombinasikan dengan pendekatan sosio-emosional dan proses kelompok dalam menyampaikan materi membiasakan akhlak terpuji. Ketiga, siswa belajar mampu merespon pelajaran yang telah diajarkan dan dapat meningkatkan kepekaan sosial pada siswa. 2) Faktor penghambat dan pendukung implementasi pengelolaan kelas dengan pendekatan eclectic dalam meningkatkan kepekaan sosial siswa pada pembelajaran aqidah akhlak. Faktor penghambatnya: faktor internal dan ekternal siswa, iklim belajar yang tidak kondusif, masalah individu dan kelompok, penggunaan pendekatan yang tidak sesuai. Faktor pendukung ; sarana prasarana, iklim belajar yang kondusif, hubungan yang harmonis antara guru dengan siswa, dan penggunaan pendekatan eclectic yang sesuai dengan masalah di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Kelas; Pendekatan Eclectic; Kepekaan Sosial; Aqidah Akhlak |
Subjects: | Aqaid dan Ilmu Kalam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 May 2017 04:58 |
Last Modified: | 11 May 2017 04:58 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/994 |
Actions (login required)
View Item |