Ni’mah, Hikmatun (2023) Penerapan Nilai Religius Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Qiro’ah di MI NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (968kB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (95kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (186kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (111kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (163kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (74kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (75kB) |
Abstract
Salah satu problematika yang sedang dialami oleh bangsa sekarang ini adalah kemrosotan akhlak generasi bangsa. Oleh sebab itu sekolah atau madrasah menjadi sasaran yang diyakini mampu memperbaiki hal tersebut. Madrasah telah mengupayakan penerapan nilai religius tersebut kedalam kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya yaitu di MI NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus yang mengaplikasikan penerapan nilai religius kepada peserta didik melelui kegiatan ekstrakurikuler qiro’ah. Ekstrakurikuler qiro’ah merupakan ekstrakurikuler seni musik yang bertajuk islami dan diharapankan selain sebagai tempat menampung minat serta bakat peserta didik juga dijadikan sebagai tempat pencetak generasi muda yang bernilai religius dengan kepribadian islami. Nilai religius disini secara garis besar yaitu terdapat nilai akidah atau keykinan, nilai syari’ah atau ibadah, dan nilai akhlak. Jenis Penelitian dalam skripsi ini yaitu penelitian kualitatif, subyek dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka kesiswaan, pelatih ekstrakurikuler dan peserta didik. Adapun dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Konsep penerapan nilai religius dapat dilihat dari tiga hal yaitu sebagai orientasi moral, sebagai internalisasi agama, sebagai etos kerja dan keterampilan sosial. Kemudian dalam pelaksanaan kegiatan qiro’ah sendiri terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam kelas qiro’ah yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Nilai religius yang terkandung dalam kegiatan ekstrakurikuler qiro’ah adalah nilai ibadah, nilai akhlak dan kedisiplinan, serta nilai keteladanan. Kemudian dalam menerapkan nilai religius terdapat beberapa metode yaitu metode pembiasaan, metode keteladanan dan metode ganjaran serta hukuman. (3) Faktor penghambat yaitu pada faktor internal, yang muncul dari peserta didik sendiri yaitu sulitnya rumus materi yang diberikan sehingga menyebabkan peserta didik kurang percaya diri ketika tampil, sedangkan solusinya adalah dengan cara bimbingan khusus yang dilakukan pelatih dan diberikan pencerahan serta evaluasi ketika pembelajaran berlangsung. Kemudian faktor eksternal, yang disebabkan kurang lengkapnya fasiltas untuk menunjang kegiatan ekstrakurikuler qiro’ah seperti mikrofon. Solusinya adalah dengan pengecekan rutin terhadap mikrofon kelas yang dilakukan oleh pihak guru dan pelatih untuk menunjang keberhasilan kegiatan ekstrakurikuler qiro’ah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Nilai Religius, Peserta Didik, Ekstrakurikuler Qiro’ah | ||||||
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an > Ilmu Qiraat 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 May 2023 03:56 | ||||||
Last Modified: | 15 May 2023 03:56 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9982 |
Actions (login required)
View Item |