Studi Perbandingan Strategi Mengajar Guru Sejarah Kebudayaan Islam Di MI Roudlatus Syubban Wegil Sukolilo Pati

Safaah, Roihatun Nurus (2023) Studi Perbandingan Strategi Mengajar Guru Sejarah Kebudayaan Islam Di MI Roudlatus Syubban Wegil Sukolilo Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (371kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (230kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (456kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MI Roudlatus Syubban Wegil dengan fokus penelitian 1) Mendiskripsikan strategi mengajar guru Sejarah Kebudayaan Islam di kelas III MI Roudlatus Syubban Wegil Sukolilo Pati; 2) Mendiskripsikan strategi mengajar guru Sejarah Kebudayaan Islam di kelas IV MI Roudlatus Syubban Wegil Sukolilo Pati; 3) Mendiskripsikan ada perbedaan strategi mengajar guru Sejarah Kebudayaan Islam di MI Roudlatus Syubban Wegil Sukolilo Pati. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan ( field research) yaitu penelitian melakukan penelitian langsung ke lapangan untuk memperoleh data. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek peneliti ini yaitu Guru agama kelas III dan guru agama kelas IV sebagai guru yang mengampu mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MI Roudlatus Syubban Wegil Sukolilo Pati. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu Observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan Member check. Adapun teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penlitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi mengajar guru Sejarah Kebudayaan Islam di kelas III MI Roudlatus Syubban Wegil. menggunakan strategi secara langsung dengan bantuan media buku dan papan tulis. 2) Strategi mengajar guru Sejarah Kebudayaan Islam di kelas IV MI Roudlatus Syubban Wegil Sukolilo Pati. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru agama kelas IV menggunakan dua strategi pembelajaran, strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran interaktif yang dibantu media . 3) Perbedaan Strategi Mengajar Guru Sejarah Kebudayaan Islam di MI Roudlatus Syubban Wegil Sukolilo Pati adalah Untuk kelas III strategi yang digunakan oleh guru strategi ceramah di bantu media buku dan papan tulis, strategi guru yang digunakan di kelas IV yaitu penggunaan starategi secara langsung dan strategi interaktif dibantu media Cart Short.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAkbar, Rofiq FaudyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Strategi Mengajar Guru SKI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 May 2023 01:59
Last Modified: 16 May 2023 01:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10001

Actions (login required)

View Item View Item