Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Disertai Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Donorojo Jepara

Asyrofi, Mohammad Yazid (2023) Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Disertai Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Donorojo Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (413kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (566kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (718kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (540kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (359kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (572kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi model pembelajaran flipped classroom disertai media puzzle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Biologi kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Donorojo Jepara. (2) untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran Biologi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Donorojo Jepara. (3) untuk mengetahui kefektifan pembelajaran flipped classroom disertai media puzzle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran Biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Donorojo Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eskperimen semu (quasy eskperimental design) yang menggunakan desain non equivalen control group design dengan membuat dua kelompok kelas yang telah dipilih yaitu kelompok kelas eksperimen XI IPA 2 dan kelompok kelas kontrol XI IPA 4. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random. Adapun teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes berupa pretest dan postets kemampuan berpikir kritis siswa. sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu uji independent sample t test dan uji N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan keterlaksanaan sintaks model flipped classroom disertai medi puzzle sebesar 92% termasuk kriteria sangat tinggi. Hasil penelitian ini juga didukung dengan hasil nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 80,18% termasuk kriteria sangat tinggi. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan signifikansi sebesar 0,22 > 0,05 dengan nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel (2.360 > 1.674) dengan demikian H1 diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan model discovery learning dalam pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Donorojo Jepara. Hasil uji N-gain peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model flipped classroom disertai media puzzle sebesar 71,17% (g > 0,7) termasuk kriteria tinggi. Oleh karena itu, pembelajaran flipped classroom disertai media puzzle dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWardhani, Irma YuniarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Media Puzzle, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 May 2023 06:46
Last Modified: 17 May 2023 06:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10009

Actions (login required)

View Item View Item