Persepsi Siswa Terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling Melalui Implementasi Layanan Informasi dengan Media Poster Di Kelas X MA Hasyim Asy'ari Bangsri T.A 2021/2022

Surur, Miftakhus (2023) Persepsi Siswa Terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling Melalui Implementasi Layanan Informasi dengan Media Poster Di Kelas X MA Hasyim Asy'ari Bangsri T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (443kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (550kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (553kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (912kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (548kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (738kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (456kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (573kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pelayanan bimbingan dan konseling melalui implementasi layanan informasi dengan media poster di kelas x MA Hasyim Asy'ari Bangsri T.A 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi siswa kelas X di MA Hasyim Asyari mempunyai dua persepsi yakni persepsi negatif dan persepsi positif. Dimana persepsi itu tentunya mempunyai alasan-alasan yang menguatkan persepsi siswa terhadap bimbingan konseling. (2) Faktor penyebab dari persepsi siswa kelas X terhadap Bimbingan dan Konseling di MA Hasyim Asyari Bangsri adalah faktor internal persepsi yang dipahami siswa ketika mereka duduk dibangku Madrasah sebelumnya yakni Madrasah tingkat SLTP. Baik itu persepsi negatif seputar BK adalah polisi sekolah, guru yang senang mencari kesalahan siswanya, atau lainnya yang menganggap BK itu menyeramkan dan sebagainya serta persepsi positif yang menunjukkan BK dapat menyelesaikan masalah siswa. Selain itu, adapula faktor eksternal penyebab persepsi siswa terhadap BK adalah pengalaman pribadi siswa maupun pengalaman teman atau orang disekitarnya. (3) Implementasi layanan informasi untuk membentuk persepsi siswa kelas X terhadap bimbingan konseling sudah tepat dan dapat menjadikan persepsi siswa kelas X menjadi persepsi yang positif secara umum. Karena dengan adanya poster, siswa lebih tertarik dan terdorong untuk mengetahui BK yang sebenarnya. Baik poster yang digunakan dalam memberikan layanan informasi BK di dalam kelas maupun poster yang ditempelkan pada papan-papan informasi di madrasah. Sehingga persepsi siswa dapat berpersepsi yang positif terhadap bimbingan konseling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYasfin, Moh AnwarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Bimbingan Konseling; Media Poster; MA Hasyim Asy'ari Bangsri
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 May 2023 06:58
Last Modified: 17 May 2023 06:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10012

Actions (login required)

View Item View Item