Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada materi Ekologi Siswa MA Matholi’ul Huda

Zatunni’mah, Aik (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada materi Ekologi Siswa MA Matholi’ul Huda. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (386kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (524kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (704kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (304kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (632kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping pada materi ekologi siswa MA Matholi’ul Huda; 2) Untuk mengetahui tingkat berfikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping pada materi ekologi; 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi ekologi. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 5 April 2022 sampai 14 Mei 2022. Berdasarkan observasi di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati diperoleh data bahwa, proses pembelajaran yang dilakukan masih berorientasi pada guru sehingga kurang adanya keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Salah satu penyebab hal tersebut yakni terdapat berbagai permasalahan antara lain siswa merasa bosan, keterampilan bertanya cenderung rendah, dan tidak mendapatkan kesempatan eksplorasi diri sehingga kemampuan berpikir kritis siswa masih kurang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pra eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan satu kelas dengan desain yang digunakan yaitu tes awal dan tes akhir pada suatu kelompok (one group pretest-posttest). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik propotional random sampling. Target populasi yaitu seluruh peserta didik kelas X MIPA MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati yang berjumlah 52 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Untuk kelas MIPA 1 terdiri dari 27 siswa sedangkan untuk kelas X MIPA 2 terdiri dari 25 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan yaitu 40 siswa yang dipilih dari kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Instrumen yang digunakan dalam penilaian ini yaitu tes essai dan angket. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping pada materi ekologi dalam kegiatan pembelajaran guru meminta peserta didik untuk memecahkan permasalahan yang diberikan dengan membuat mind mapping. Hasil angket menyatakan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan mind mapping mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik memiliki presentase 82%. Model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping dinyatakan dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Hasil olah data tes ketika pretest sebesar 46,6, meningkat saat posttest menjadi 70,4 dengan N-gain sebesar 0,41 termasuk dalam kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan Wilcoxon Sign Rank Test ditunjukkan dengan nilai signifikansi adalah 0,000 yang artinya nilai signifikansi < 0,05 dan berarti bahwa terdapat perbedaan secara signifikan. Sehingga model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping dinyatakan berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLaelasari, IseuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ekologi, Kemampuan berfikir kritis, Mind mapping, Problem based learning.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 May 2023 07:38
Last Modified: 17 May 2023 07:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10021

Actions (login required)

View Item View Item