Implementasi Karakter Cinta Tanah Air dan Semangat Kebangsaan dalam Pembelajaran IPS Di Kelas VIII MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara

Rahmawati, Anisa (2023) Implementasi Karakter Cinta Tanah Air dan Semangat Kebangsaan dalam Pembelajaran IPS Di Kelas VIII MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (920kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (552kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (385kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (577kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dan Semangat Kebangsaan dalam Pembelajaran IPS melalui Materi Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaaan Di Kelas VIII MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara, pembahasan didalamnya meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, faktor penghambat beserta solusi dalam mengatasi hambatan pada proses implementasi pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dimana data-data yang didapatkan akan diolah dan kemudian dikembangkan secara khusus atau lebih terfokus untuk mendapatkan hasil sesuai judul penelitian. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu pendidik mata pelajaran IPS kelas VIII, Kepala Sekolah, dan peserta didik kelas VIII. Pengambilan sumber data tentang implementasi pendidikan karakter cinta tanah air dan semangat kebangsaan, menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan 1) Perencanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran IPS di kelas VIII dengan menggunakan nilai-nilai karakter yang disesuaikan dengan acuan karakter pada setiap sub tema buku guru. 2) Pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran IPS menerapkan metode yang sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran dengan mengacu pada keteladanan sikap dari pendidik menjadi cara utama guru dalam menerapkan pendidikan karakter pada pembelajaran IPS di kelas. 3) Evaluasi pendidikan karakter pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Sabilul Ulum Mayong sudah berjalan disetiap akhir pembelajaran, tetapi pendidik belum menggunakan indikator ketercapaian nilai karakter yang sesuai dengan teknik evaluasi pendidikan karakter 4) Faktor penghambat dalam proses implementasi pendidikan karakter ditimbulkan dari faktor kurangnya pengetahuan pendidik mengenai proses pengimplementasian, selain itu faktor dari dalam dan luar diri peserta didik juga sangat mempengaruhi. 5) Solusi dalam mengatasihambatan yang ada diantaranya dengan mengetahui latar belakang siswa yang bermasalah dalamperkembangan karakternya, pemberian motivasi, dan menggalakkan tat tertib sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFu'adah, LailyUNSPECIFIED
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2023 07:36
Last Modified: 19 May 2023 07:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10037

Actions (login required)

View Item View Item