Pemberdayaan Masyarakat Pengusaha Seni Kerajinan Patung dan Ukir Kayu Untuk Menguatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Mulyoharjo Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara

Septiana, Elfida Siva (2023) Pemberdayaan Masyarakat Pengusaha Seni Kerajinan Patung dan Ukir Kayu Untuk Menguatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Mulyoharjo Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (259kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (99kB)
[img] Text
08 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kondisi industri seni kerajinan patung dan ukir untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat desa Mulyoharjo kecamatan Jepara kabupaten Jepara. 2) pemberdayaan masyarakat dalam bidang seni kerajinan patung dan ukir untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat desa Mulyoharjo kecamatan Jepara kabupaten Jepara. 3) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemberdayaan masyarakat dalam bidang seni kerajinan patung dan ukir untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat desa Mulyoharjo kecamatan Jepara kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menekankan pada analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sebelum adanya kegiatan pemberdayaan, kondisi industri patung dan ukir masyarakat Desa Mulyoharjo cenderung sepi peminatnya, sehingga mengakibatkan banyak pengarjin seni ukir patung Jepara banyak yang merantau. 2) pemberdayaan masyarakat desa Mulyoharjo melalui dua cara, yaitu pertama Carving Education sebagai sarana pembelajaran dan pelatihan, dengan tujuan agar bentuk seni ukir dan patung sesuai dengan perkembangan zaman. Selain itu juga digunakan sebagai sarana magang atau pembelajaran seni ukir Jepara pada lembaga-lembaga pendidikan dan kedua dengan menyediakan showroom untuk menyimpan hasil kerajinan patung dan ukir agar bisa dilihat oleh pembeli dari dalam negeri maupun luar negeri. 3) Terdapat beberapa aspek pendukung dan penghambat dalam pemberdayaan masyarakat di desa Mulyoharjo. Dalam hal pendukung misalnya banyaknya negara asing yang datang untuk membeli kerajinan patung dan ukir, sehinga semangat para tenaga kerja untuk terus melestarikan industri patung dan ukir meningkat. Sedangkan dalan hal penghambat misalnya polanya yang rumit, sehingga membutuhkan waktu lama, dan kekurangan bahan pokok kerajinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Seni Kerajinan Patung dan Ukir, Kesejahteraan Masyarakat.
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 May 2023 02:16
Last Modified: 24 May 2023 02:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10060

Actions (login required)

View Item View Item