Khoiriyah, Faridah Zulfa Nur (2023) Strategi Guru Dalam Membentuk Sikap Spiritual Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs Al Ma'arif Gembong Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (78kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (169kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (217kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (101kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (325kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (76kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi guru dalam membentuk sikap spiritual siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang strategi guru Akidah Akhlak dalam membentuk sikap spiritual siswa dan sikap spiritual siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak. Pendidikan yang sangat penting dibutuhkan adalah pendidikan Akhlak, karena dalam hidup manusia bukan hanya membutuhkan materi akan tetapi manusia juga membutuhkan pembinaan Akhlak untuk memperbaiki hubungan mereka dengan Allah dan dengan manusia. Seperti konsep dasar islam yang berimplementasi dari ajaran Islam yang rahmatan lil'alamin. Akhlak merupakan sifat yang tertanam dalam jiwa seseorang yang berakibat timbulnya berbagai perbuatan secara spontan tanpa disertai pertimbangan. Begitu pula dengan Akidah yang kuat dan benar tercermin dari Akhlak terpuji yang dia miliki. Maka, Akidah dan Akhlak dalam ajaran Islam kaitannya sangat erat juga penting untuk dipeljari juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Analisis yang digunakan berupa reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru dalam membentuk sikap spiritual siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak ada beberapa cara seperti pola pembiasaan dan pola modeling. Selain itu, dalam pembelajaran Akidah Akhlak juga menerapkan 6 tahap perkembangan moral pada anak. Tahapan pertama pra- konvensional, tahap ke dua hukuman serta kepatuhan, tahap ke tiga keselarasan interpersonal, tahap ke empat sistem sosial serta kata hati, tahap ke lima kontrak sosial dan tahap ke enam merupakan perwujudan yang telah dijalani setiap hari serta menjadi budaya atau kebiasaan yang telah melekat di setiap orang serta lingkungannya. Sikap spiritual siswa dapat dilihat dari 3 komponen yaitu, komponen kognitif, afektif dan konatif. Komponen kognitif dapat dilihat dari siswa yang meyakini adanya hari akhir dengan menjauhi maksiat dan menjalankan kewajiban. Komponen afektif dapat dilihat dari siswa yang merasakan bahwa hari akhir sudah semakin dekat dengan melihat banyak orang yang suka dengan sesama jenis seperti gay dan lesbi. Sedangkan komponen konatif dapat dilihat dari siswa yang terbiasa melaksanakan sholat diawal waktu dimanapun dan kapanpun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Akidah Akhlak, Sikap Spiritual, Strategi Guru | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 May 2023 02:19 | ||||||
Last Modified: | 24 May 2023 02:19 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10061 |
Actions (login required)
View Item |