Implementasi Bimbingan Rohani Melalui Metode Ruqyah Bagi Pasien Gangguan Jiwa Ringan di Panti Rehabilitasi Sosial Maunatul Mubarok Demak

Sari, Intania Cahya (2023) Implementasi Bimbingan Rohani Melalui Metode Ruqyah Bagi Pasien Gangguan Jiwa Ringan di Panti Rehabilitasi Sosial Maunatul Mubarok Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (725kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi bimbingan rohani melalui metode ruqyah bagi pasien gangguan jiwa ringan di Panti Rehabilitasi Sosial Maunatul Mubarok Demak, (2) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan bimbingan rohani melalui metode ruqyah bagi pasien gangguan jiwa ringan di Panti Rehabilitasi Sosial Maunatul Mubarok Demak, (3) hasil implementasi bimbingan rohani melalui metode ruqyah bagi pasien gangguan jiwa ringan di Panti Rehabilitasi Sosial Maunatul Mubarok Demak. Bimbingan rohani melalui metode ruqyah diberikan untuk membantu proses penyembuhan pasien gangguan jiwa ringan menjadi lebih tenang jiwanya dan bermanfaat bagi diri pasien agar bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah dua terapis di Panti Rehabilitasi Sosial Maunatul Mubarok. Analisis data pada penelitian ini meliputi data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi bimbingan rohani melalui metode ruqyah yang diberikan oleh terapis kepada pasien ada tiga tahapan yaitu tahapan persiapan, mengidentifikasi masalah atau penyakit dan keadaan pasien, tahapan pelaksanaan ,terapis membacakan aya-ayat al-quran yang telah ditentukan dan tahapan evaluasi, memberikan nasehat kepada pasien. (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi bimbingan rohani melalui metode ruqyah bagi pasien gangguan jiwa ringan adalah faktor pendukung yaitu kemauan untuk sembuh dalam diri pasien, teratur minum obat, dukungan keluarga, dan dukungan dari lingkungan sekitar. Faktor penghambat yaitu kurangnya pengetahuan agama, dan kondisi pasien yang kurang baik akan membuat pasien tidak mampu untuk berkonsentrasi (3) Hasil dalam bimbingan rohani melalui metode ruqyah bagi pasien gangguan jiwa ringan adalah adanya perubahan pada diri sehingga pasien dapat melakukan aktivitas sehari-hari, melakukan ibadah dan pasien mau mengikuti kegiatan PRS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidhoh, InayatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani, Metode Ruqyah, Gangguan Jiwa Ringan
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 May 2023 02:48
Last Modified: 29 May 2023 02:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10098

Actions (login required)

View Item View Item