Peran Guru dalam Mengembangkan Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase Bahan Alam di kelas B1 TK Muslimat NU Nurul Islam Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus

Nofia, Sofiatun Risma Okta (2023) Peran Guru dalam Mengembangkan Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase Bahan Alam di kelas B1 TK Muslimat NU Nurul Islam Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan fisik motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase bahan alam, bagaimana kegiatan kolase bahan alam dapat mengembangkan fisik motorik halus, bagaimana peran guru dalam mengembangkan fisik motorik halus anak usia dini di kelas B1 TK Muslimat NU Nurul Islam Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer diperoleh dari kepala lembaga, guru, siswa dan orangtua siswa. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumen, arsip, dan berkas lembaga. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kegiatan dalam mengembangkan fisik motorik halus dikelas B1 TK Muslimat NU Nurul Islam Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus menunjukkan bahwa dari 21anak rata-rata perkembangannya sesuai harapan. Tetapi masih terdapat 6 anak yang perkembangannya belum sesuai harapan. Hal ini dikarenakan anak belum lentur dalam menggerakkan jari-jarinya. Untuk itu guru memilih kegiatan kolase untuk membantu anak dalam mengembangkan motorik halusnya. Kemudian dalam mengembangkan fisik motorik halus anak usia dini dengan guru bersikap kreatif dan inovatif. Kegiatan kolase bahan alam dalam mengembangkan fisik motorik halus anak di kelas B1 TK Muslimat NU Nurul Islam Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus yaitu anak melakukan kegiatan kolase bahan alam dengan cara menempelkan bahan yang akan digunakan secara detail digambar yang sudah disediakan oleh guru dan sebelum melakukan kegiatan kolase guru mengajak anak melakukan gerakan-gerakan kecil sesuai dengan gambar yang akan digunakan dalam kegiatan kolase. Peran guru terhadap peserta didik yaitu: 1) Guru sebagai demonstrator, 2) Guru sebagai pengelola kelas, 3) Guru sebagai mediator dan fasilitator, 4) Guru sebagai evaluator, 5) Guru berperan dalam interaksi, 6) Guru berperan dalam pengasuhan. Faktor pendukung dalam mengembangkan fisik motorik halus anak usia dini adalah semangat anak, kreativitas media pembelajaran, fasilitas sekolah dan orang tua peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu dari faktor internal ( dari guru dan siswa ) dan faktor eksternal ( dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat ). Dengan adanya kegiatan kolase diharapkan dapat membantu dalam mengembangkan fisik motorik halus anak usia dini di TK Muslimat NU Nurul Islam. Dan kegiatan kolase di kelas B1 TK Muslimat NU Nurul Islam Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus berjalan dengan lancar dikarenakan kegiatan kolase bahan alam merupakan kegiatan yang menyenangkan dan dapat mengembangkan dalam peningkatan gerak jari anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMohtarom, MohtaromUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Motorik Halus, Kegiatan Kolase Bahan Alam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 May 2023 01:39
Last Modified: 30 May 2023 01:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10107

Actions (login required)

View Item View Item