Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Pada Kelas I di SD Negeri 1 Megawon Jati Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Nida, Moza Khoirin (2023) Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Pada Kelas I di SD Negeri 1 Megawon Jati Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (789kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (396kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (354kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (475kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar membaca yang dialami oleh siswa kelas I SDN 1 Megawon Jati Kudus (2) untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca yang dialami oleh siswa kelas I SDN 1 Megawon Jati Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dimana saat penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang peneliti temukan di lapangan yang bersifat secara verbal dan tidak berupa angka-angka dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru kelas I dan siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca pada kelas I di SD Negeri 1 Megawon Jati Kudus. Pengumpuln data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar membaca pada kelas I adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal pada kesulitan membaca kelas 1 terdiri dari minat belajar rendah, pemahaman siswa yang berbeda dan anak yang hiperaktif, sedangkan faktor eksternalnya meliputi faktor lingkungan keluarga dan faktor lingkungan sekolah. (2) Peran guru yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar membaca yakni dengan guru menjadi fasilitator siswa, guru menjadi pembimbing siswa, guru memberikan jam tambahan dan guru bekerja sama dengan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRetnanto, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kesulitan Belajar Membaca, Siswa SD
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 May 2023 02:12
Last Modified: 30 May 2023 02:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10111

Actions (login required)

View Item View Item