Implementasi Bermain Pasir Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Muslimat NU Nurul Islam Kaliwungu Kudus

Anifah, Noor (2023) Implementasi Bermain Pasir Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Muslimat NU Nurul Islam Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (726kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (650kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (327kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (969kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB)

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi dan informasi terdapat dampak negatif yang mengakibatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini kurang terstimulasi. Salah satu permasalahan pada anak usia dini diantaranya yaitu anak tidak mempunyai kemampuan dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Gangguan kemampuan sosialisasi pada anak usia dini salah satunya akibat dari ketergantungan gadget. Banyak orang tua yang menganggap gadget merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mendidik anak sehingga anak mendapat fasilitas gadget dari orang tuanya. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan aspek perkembangan sosial emosional anak adalah dengan menggunakan pasir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan sosial emosional anak usia 5-6 tahun dalam menggunakan media pasir, mendeskripsikan metode bermain menggunakan media pasir untuk meningkatkan aspek sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU Nurul Islam Kaliwungu Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitiannya adalah anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU Nurul Islam Kaliwungu Kudus, teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara semi tersturktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu pertama dengan reduksi data (merangkum hal pokok) guna mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai pelaksanaan metode bermain menggunakan media pasir, kedua dengan penyajian data (data display) berupa uraian serta penjelasan yang berkaitan dengan pernyataan seputar analisis implementasi metode bermain menggunakan media pasir, yang ketiga verifikasi data (data verification) data disimpulkan dngan melihat keseluruhan proses kegiatan penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Bermain menggunakan media pasir memiliki peran terhadap perkembangan aspek sosial emosional anak dan anak senang ketika dapat meremas-remas pasir dan membantu tingkat kefokusan anak. 2. Kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun sudah sesuai dengan standar perkembangan usianya, hal ini ditunjukkan bahwa anak dapat melakukan komunikasi dua arah dengan orang lain, mengutarakan pendapat, dan bersifat peduli terhadap sesama, serta menaati aturan main. 3. Kemampuan bersosial anak berbeda, dimana anak memiliki porsi masing-masing dalam melaksanakan interaksi dengan sesama, ada anak yang masih lemah sehingga tampak pendiam dan kurang bersosialisasi dengan yang lain sehingga diperlukan kegiatan yang menarik yang dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorManijo, ManijoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain, Media Pasir, Aspek Sosial Emosional
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 May 2023 06:31
Last Modified: 30 May 2023 06:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10115

Actions (login required)

View Item View Item